MEMAHAMI
SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM
KATA PENGANTAR
Assalamu'alaikum.
Wr. Wb
Segala puji dan syukur bagi Allah
SWT., atas segala rahmat dan karunianya, sehingga kami dapat menyusun hasil
makalah kami ini, meskipun kami akui masih jauh dari kata sempurna. Shalawat
dan salam, semoga Allah hadiahkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa salam sebagai pembawa syariat islam untuk
diimani,dipelajari, dan dihayati serta di amalkan oleh manusia dalam kehidupan
sehari-hari.
Maksud kami menyusun tugas ini dalam rangka
menyelesaikan tugas yang diemban mata kuliah Supervisi Pendidikan kepada kami,
dengan segenap Ridho
Allah kami berusaha
menyelesaikannya sesuai harapan dosen mata kuliah Supervisi Pendidikan Bapak Ahmad Mukhalasin, M.Pd.
Dalam penyusunan
tugas ini, kami berusaha untuk memaparkannya secara sederhana, praktis, dan
sistematis agar mudah dipahami oleh teman-teman mahasiswa.Mudah-mudahan hasil
tugas yang kamipaparkan dapat dimengerti sehingga proses pembelajaran kita
tidak terhambat karena ketidak pahaman.
Karena kami tak luput dari keterbatasan pengetahuan
maupun pengalaman, kami yakin masih banyak kekurangan dalam hasil makalah ini, oleh karena itu kami sangat mengaharapkan saran dan
kritik yang membangun dari pembaca untuk kami
perbaiki dikemudian hari.
Medan,
September 2019
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
B. Rumusan
Masalah
C. Tujuan
1. Untuk
memahami Pengertian Supervisi Pendidikan Islam.
2. Untuk
mengetahui Supervisi Dalam Kehidupan Rasulullah Saw.
3. Untuk
memahami Tujuan Supervisi Pendidikan Islam.
4. Untuk
memahami Prinsip Supervisi Pendidikan Islam.
5. Untuk
memahami Fungsi Supervisi Pendidikan Islam.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Supervisi
Pendidikan Islam
B. Supervisi
Dalam Sejarah Kehidupan Rasulullah
C. Tujuan Supervisi
Pendidikan Islam
D. Prinsip Supervisi Pendidikan
E. Fungsi Suprvisi Pendidikan Islam
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Supervisi pendidikan atau yang
lebih dikenal dengan pengawasanpendidikan memiliki konsep dasar yang saling berhubungan
denganpendidikan. Dalam konsep dasar supervisi pendidikan dijelaskan
beberapadasar-dasar tentang konsep supervisi. Sementara proses
pelaksanaansupervisi merupakan rangkaian yang dilaksanakan ketika
supervisidilaksanakan dan upaya yang dilakukan oleh supervisor dalam melihat
danmembina seluruh proses pelaksanaan pendidikan
Dalamperkembangannya, supervisi
pendidikan memberikan pengaruh yang baikpada perkembangan pendidikan khususnya
di Indonesia, terutamapendidikan Islam sehingga tingkat profesionalisme guru
dalam mengajardilakukan dengan baik, baik pada madrasah maupun guru
pendidikanagama pada sekolah. Oleh karena itu, supervisi diperlukan dalam
prosespendidikan. Dalam Islam
sendiri supervisi juga telah berjalan dimasa Rasulullah Saw hingga saat ini
Islam mengatur dalam Alquran tentang supervise/pengawasan.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apa
Pengertian Supervisi Pendidikan Islam ?
2. Bagaimana
Supervis Dalam Kehidupan Rasulullah ?
3. Apa
Tujuan Supervisi Pendidikan Islam ?
4. Bagaimana
Prinsip Supervise Pendidikan Islam ?
5. Apa
Fungsi Supervisi Pendidikan Islam ?
C.
Tujuan
1.
Untuk memahami
Pengertian Supervisi Pendidikan Islam.
2.
Untuk mengetahui
Supervisi Dalam Kehidupan Rasulullah Saw.
3.
Untuk memahami Tujuan
Supervisi Pendidikan Islam.
4.
Untuk memahami Prinsip
Supervisi Pendidikan Islam.
5.
Untuk memahami Fungsi
Supervisi Pendidikan Islam.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Supervisi Pendidikan Islam
Sejatinya, istilah
pendidikan sudah tidak asing lagi diperkenalkan dalam dunia pendidikan.
Kemudian istilah supervisi adalah sebuah kegiatan yang mengacu kepada sebuah
perbaikan dalam sebuah institusi. Banyak para pegawai yang berkecimpung dalam
sebuah institusi merasa ketakutan ketika mendengar bahwa institusi yang
bersangkutan akan dikunjungi oleh supervisor. Anggapan masyarakat institusi supervisor
adalah orang yang diperintahkan oleh atasannya untuk membentak dan memarahi
para pegawai-pegawai yang sedang aktif di institusi.
Kata “supervisi” diadopsi dari bahasa
inggris “supervision” yang berarti
pengawasan/kepengawasan. Orang yang melaksanakan pekerjaan supervisi disebut
supervisor.[1] Supervisi
adalah sebagai bantuan dan bimbingan kepada guru dalam bidang instruksional, belajar, dan kurikulum
dalam usahanya utnuk mencapai tujuan sekolah.
Dalam pendidikan Islam istilah supervisi
yang digunakan adalah almusyarafah,
yang secara kebahasaan masih seakar dengan kata syaraf yang
selalu berkaitan
dengan ―kedudukan terhormat (high rank,
nobility, distinction, eminence, etc). Dalam hal ini al-musyarafah dimaksudkan sebagai
pengawasan yang
berasal dari kalangan orang-orang yang memiliki kedudukan terhormat.[2]
Kedudukan terhormat dalam Islam, tidak selamanya berkonotasi pangkat dan
jabatan atau atas dasar strata kehidupan sosial, tetapi lebih didasarkan kepada
derajat keimanan dan keilmuan. Alquran menyatakan bahwa Allah meninggikan
derajat orang-orang beriman dan berilmu pengetahuan diantara umat manusia
lainnya sebagaimana dalam Q.S. Al Muzadallah ayat 11 :
“Hai orang-orang
beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam
majlis-majlis, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu.
Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang
yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa
yang kamu kerjakan”
Jadi seorang supervisor (musyrif) menurut konsep ini, mestilah orang-orang yang memiliki
nilai lebih yang siap menularkan dan menginternalisasikan nilai lebih tersebut
kepada pihak yang disupervisi.[3]
Berdasarkan definisi di atas, supervisi pendidikan Islam merupakan kegiatan
supervisi pada umunya yang berkaitan dengan pendidikan Islam. Kegiatan
supervisi pendidikan Islam lebih menekankan pada kegiatan pemberdayaan (muqawwun) agar seluruh komunitas dan
akivitas pendidikan pada suatu lembaga pendidikan menjadi lebih berdaya dalam
melaksanakan tugasnya masing-masing. pemberdayaan yang dilakukan bersifat
partisipatif (musyarakah) dengan
melibatkan seluruh komunitas dan akivitas pendidikan melakukan perbaikan dan
perubahan ke arah yang diperkirakan menjadi lebih baik.
Supervisi dalam pendidikan Islam mengandung semangat
ukhuwah, demokratis dan kebersamaan, karena sasaran supervisi bukan hanya para
guru secara individual agar dapat melaksanakan keinerjanya dengan baik dan
benar, tetapi juga dengan semangat ukhuwah bi al-musyarakah, antara sesame guru
pun didorong untuk saling bekerjasama dalam melakukan berbagai perbaikan dalam
proses belajar mengajar.
FAST RESPON
ATAU KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )
DOWNLOAD DISINI VIA
GOOGLE DRIVE
DOWNLOAD DISINI VIA
MEDIAFIRE
0 Response to "MAKALAH MEMAHAMI SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM"
Post a Comment