2. Abstrak
Evaluasi
adalah peroses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu ( ketentuan, kegiatan,
keputusan, unjuk kerja, proses, orang, objek yang lainnya) berdasarkan kriteria
tertentu melalui penilaian. Untuk menentukan nilai sesuatu dengan cara
membandingkan dengan kriteria, evaluator dapat langsung membangdingkan dengan
kriteria umum, dapat membandingkan kriteria tertentu. Dalam pengertian lain
antara evaluasi, pengukuran dan penilaian merupakan kegiatan yang bersifat hirarki. Artinya ketiga kegiatan
tersebut dalam kaitannya dengan proses pembelajaran tidak dapat dipisahkan satu
sama lain dan dalam pelaksanaannya harus dilaksanakan secara berurutan.
Evaluasi belajar dan pembelajaran adalah proses untuk menentukan nilai belajar
dan pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan penilaian atau
pengukuran belajar dan pembelajaran. Sedangkan pengertian pengukuran dalam
kegiatan pembelajaran adalah proses membandingkan tingkat keberhasilan belajar
dan pembelajaran dengan ukuran keberhasilan belajar dan pembelajaran yang telah
ditentukan secara kuantitatif sementara pengertian penilaian belajar dan
pembelajaran adalah proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan belajar dan
pembelajaran kualitatif. Fungsi evaluasi bagi siswa adalah akan mengetahui
perkembangan grafik pembelajarannya, apakah ada kemajuan atau tidak, sekaligus
dapat memberikan informasi kepada orang tua wali siswa
mengenai penentuan kenaikan kelas atau penentuan kelulusan siswa.
3. Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa, menetapkan
keefektifan pengajaran dan rencana kegiatan, menetapkan kenaikan kelulusan
siswa. Untuk mengadministrasi sekolah, mengembangkan kurukulum, mempersiapkan
penelitian pendidikan seolah.
4. Metode
Penelitian
Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dan kuantitatif.
5. Teknik Penilaian
Dengan jurnal evaluasi belajar siswa
ini, sangat penting untuk diaflikasikan karena dengan adanya evaluasi belajar
siswa, sangan memudahkan siswa untuk mengetahui perkembangan belajarnya, dan
memudahkan para guru untuk menilai perkembangan belajar siswanya, dan bagi
orang tua siswa lebih mudah mengetahui perkembangan kemampuan anaknya dalam
belajar.
6. Instrumen
Evaluasi pada program pembelajaran
membutuhkan data tentang pelaksanaan pembelajaran dan tingkat ketercapaian
tujuannya, kondisi yang demikian tidak hanya terjadi pada jenjang pendidikan
tinggi tetapi juga terjadi di jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Keberhasilan program pembelajaran selalu dilihat dari aspek hasil belajar,
sementara implementasi program pembelajaran dikelas atau kualitas proses
pembelajaran itu berlangsung jarang tersentuh kegiatan penilaian.
7. Hasil
Penelitian
Evaluasi sebagai suatu kegiatan
mengumpulkan data dan informasi menegenai kemampuan hasil belajar siswa, untuk
menilai sudah sejauh mana program (pengembangan sistem instruksional) telah
berjalan, dan juga sebagai suatu alat untuk menentukan apakah tujuan pendidikan
dan proses pembelajaran dalam memgembangkan ilmu pengetahuan telah berlangsung
sebagaimana mestinya.
Sedangkan fungsi eveluasi untuk membantu
proses kemajuan dan perkembangan hasil peserta didik, secara berkesinambungan
dan sekaligus dapat mengetahui kemampuan dan kelemahan siswa pada bidang studi
tertentu, sekaligus dapat memberikan informasi kepada orang tua siswa
mennegenai penetuan kenaikan kelas atau penetuan kelulusan siswa.
0 Response to "Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa)"
Post a Comment