BAB I
PENDAHULUAN
A.
Hakekat
Pembelajaran IPS
Pembelajaran adalah suatu proses
perubahan. Seorang yang telah melakukan kegiatan belajar, maka akan mengalami
perubahan tingkah laku, kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan, keterampilan maupun
sikap. Ada 4 pilar yang perlu diperhatikan dalam belajar yaitu :
1.
Learning
to know
2.
Learning
to do
3.
Learning
to live together
4. Learning to be
Menurut preskpetif Islam, membaca
merupakan perintah yang sangat penting, sebagaimana terkandung dalam ayat
Alquran surah Al-Alaq ayat 1-5, menurut Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah
isi kandungan ayat ini mengingtkan Nabi Muhammad SAW tentang kebersamaan Allah
SWT yang tujuannya adalah agar beliau tidak ragu atau berkecil hati dalam
menyampaikan risalah sesuai apa yang diperintahkan-Nya.
Pengertian
IPS : suatu mata pelajaran yang mengkaji
kehidupan social yang bahannya didasarkan pada kajian sejarah, geografi,
ekonomi, sosiologi, antropologi, dan tata Negara.
Tujuan
Pengajaran IPS :
1.
Pengembangan aspek
pengetahuan (cognitive)
2. Pengembangan
aspek nilai dan kepribadian (affective)
3. Pengembangan
aspek keterampilan (psycimotiric)
B.
Tujuan
Pembelajaran IPS
1. Mengembangkan
konsep-konsep dasar sosiologi, geografi, ekonomi, sejarah, dan kewarganegaraan
melalui pendekatan paedagogis dan psikologis
2. Mengembangkan
kemampuan berpikir kritis dan kreatif, inkuiri, memecahkan masalah, dan
keterampilan social
3. Membangun
komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai social dan kemapuan
4. Meningkatkan
bekerja sama dan kompetensi dalam masyarakat yang majemuk, baik secara
nasional, maupun global
C.
Prinsip-Prinsip
Dasar Pembelajaran IPS
1. Integrated (Terpadu)
Istilah integrated identik dengan integrasi atau
keterpaduan, dalam pembelajaran IPS dapat dilakukan dengan berdasarkan topic
yang terkait.
2. Kesinambungan
dan perubahan
Sejalan dengan perkembangan zaman bisa saja
peraturan ini berubah, tetapi adat tradisi itu diteruskan secara
berkesinambungan. Misalnya kesinambungan kehidupan suatu masyarakat terjadi
karena lembaga perkawinan. Dengan perkawinan menyebabkan manusia dilahirkan.
BAB II
PERENCANAAN
PEMBELAJARAN IPS
A.
Pengertian
Perencanaan
Perencanaan
pembelajaran merupakan hal yang amat penting agar praktisi pendidikan termasuk
pendidik (guru atau dosen). Pentingnya persiapan mengajar adalah sebagai acuan
kelangsungan kegiatan, kelancaran proses kegiatan belajar, dan sebagai alat feed back maupun untuk alat evaluasi.
Oleh karena itu, dengan persiapan mengajar ini akan amat membantu guru sebab
perencanaan merupakan sarana untuk mencapai tujuan yang resmi.
Menurut Philip H.
Coombs, perencanaan pembelajaran adalah suatu penetapan yang rasional yang
sistematis terhadap proses perkembangan pendidikan dengan tujuan agar
pendidikan lebih efektif dan efesien dengan kebutuhan dan tujuan para murid dan
masyarakatnya.
Menurut George,
perencanaan pembelajaran adalah proses yang bertugas untuk mempersiapkan
keputusan bagi kegiatan dimasa depan dalam bidang pembangunan pendidikan.
Pengembangan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ips Dalamrangka
mengimplementasikan program pembelajaran yang sudah dituangkan dalam silabus,
guru harus menyusun (RPP) Merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan
pembelajaran baik dikelas, laboratorium atau lapangan untuk setiap kompetensi
dasar. Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan standar kompetensi dasar yang
akan disusun dalam RPP dan harus dimuat tujuan pembelajaran, sumber belajar,
dan penilaian.
FAST RESPON
ATAU KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )
DOWNLOAD DISINI VIA
GOOGLE DRIVE
DOWNLOAD DISINI VIA
MEDIAFIRE
0 Response to "Potret Baru Pembelajaran IPS"
Post a Comment