Potret Baru Pembelajaran IPS



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Hakekat Pembelajaran IPS
Pembelajaran adalah suatu proses perubahan. Seorang yang telah melakukan kegiatan belajar, maka akan mengalami perubahan tingkah laku, kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan, keterampilan maupun sikap. Ada 4 pilar yang perlu diperhatikan dalam belajar yaitu :
1.      Learning to know
2.      Learning to do
3.      Learning to live together
4.      Learning to be
Menurut preskpetif Islam, membaca merupakan perintah yang sangat penting, sebagaimana terkandung dalam ayat Alquran surah Al-Alaq ayat 1-5, menurut Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah isi kandungan ayat ini mengingtkan Nabi Muhammad SAW tentang kebersamaan Allah SWT yang tujuannya adalah agar beliau tidak ragu atau berkecil hati dalam menyampaikan risalah sesuai apa yang diperintahkan-Nya.
Pengertian IPS : suatu mata pelajaran yang mengkaji kehidupan social yang bahannya didasarkan pada kajian sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, dan tata Negara.
Tujuan Pengajaran IPS :
1.      Pengembangan aspek pengetahuan (cognitive)
2.      Pengembangan aspek nilai dan kepribadian (affective)
3.      Pengembangan aspek keterampilan (psycimotiric)

B.     Tujuan Pembelajaran IPS
1.      Mengembangkan konsep-konsep dasar sosiologi, geografi, ekonomi, sejarah, dan kewarganegaraan melalui pendekatan paedagogis dan psikologis
2.      Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan social
3.      Membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai social dan kemapuan
4.      Meningkatkan bekerja sama dan kompetensi dalam masyarakat yang majemuk, baik secara nasional, maupun global
C.    Prinsip-Prinsip Dasar Pembelajaran IPS
1.      Integrated (Terpadu)
Istilah integrated identik dengan integrasi atau keterpaduan, dalam pembelajaran IPS dapat dilakukan dengan berdasarkan topic yang terkait.
2.      Kesinambungan dan perubahan
Sejalan dengan perkembangan zaman bisa saja peraturan ini berubah, tetapi adat tradisi itu diteruskan secara berkesinambungan. Misalnya kesinambungan kehidupan suatu masyarakat terjadi karena lembaga perkawinan. Dengan perkawinan menyebabkan manusia dilahirkan.


BAB II
PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPS


A.    Pengertian Perencanaan
      Perencanaan pembelajaran merupakan hal yang amat penting agar praktisi pendidikan termasuk pendidik (guru atau dosen). Pentingnya persiapan mengajar adalah sebagai acuan kelangsungan kegiatan, kelancaran proses kegiatan belajar, dan sebagai alat feed back maupun untuk alat evaluasi. Oleh karena itu, dengan persiapan mengajar ini akan amat membantu guru sebab perencanaan merupakan sarana untuk mencapai tujuan yang resmi.
Menurut Philip H. Coombs, perencanaan pembelajaran adalah suatu penetapan yang rasional yang sistematis terhadap proses perkembangan pendidikan dengan tujuan agar pendidikan lebih efektif dan efesien dengan kebutuhan dan tujuan para murid dan masyarakatnya.
Menurut George, perencanaan pembelajaran adalah proses yang bertugas untuk mempersiapkan keputusan bagi kegiatan dimasa depan dalam bidang pembangunan pendidikan.
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ips         Dalamrangka mengimplementasikan program pembelajaran yang sudah dituangkan dalam silabus, guru harus menyusun (RPP) Merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik dikelas, laboratorium atau lapangan untuk setiap kompetensi dasar. Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan standar kompetensi dasar yang akan disusun dalam RPP dan harus dimuat tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian.


HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA : sorsir.123@gmail.com
 FAST  RESPON 
               
ATAU  KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )
 DOWNLOAD DISINI VIA GOOGLE DRIVE
 DOWNLOAD DISINI VIA MEDIAFIRE

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Potret Baru Pembelajaran IPS"

Post a Comment