Makalah Pola Hidup Sehat

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang masalah

Masalah kesehatan yanga da di amsyarakat sangatlah banyak dan beragam macamnya. Penelusuran dari rumah ke rumah merupakan cara yang paling efektif untuk mengetahui secara nyata masalah kesehatan yang sebenarnya sedang dihadapi oleh masyarakat. Sebagaian masyarakat ada yang menyadari bahwa ada masalah kesehatan yang sedang dialami dan sebagian masyarakat juga ada yang tidak menyadari bahwa terdapat masalah kesehatan yang dialami.
Hidup sehat merupakan suatu hal yang seharusnya memang diterapkan oleh setiap orang, mengingat manfaat kesehatan yang sangat penting bagi setiap manusia mulai dari konsentrasi dalam bekerja dan beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari tentu memerlukan kesehatan, baik kesehatan pribadi maupun kesehatan anak serta keluarga  untuk mencapai keharmonisan keluarga.
Menciptakan hidup sehat  sebenarnya sangatlah mudah serta murah, dibandingkan biaya yang harus kita keluarkan untuk pengobatan apabila mengalami gangguan kesehatan. Akan tetapi yang kebanyakan yang terjadi sudah mengidap penyakit baru mengobati sehingga akan membuat kerugian tersendiri bagi yang mengalaminya.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu pola hidup sehat ?
2.      Bagaimana tips pola hidup sehat ?
3.      Mengapa kita harus melakukan pola hidup sehat ?
4.      Bagaimana pendidikan karakter pola hidup sehat ?
5.      Bagaimana menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter dari kebiasaan pola hidup sehat ?
6.      Bagaimana pola hidup sehat ala Rasulullah SAW ?
  

C.    Tujuan
1.      Mengetahui makna pola hidup sehat.
2.      Mengetahui serta memahami fungsi dari menerapkan pola hidup sehat.
3.      Menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Mengetahui serta memahami pendidikan karakter pola hidup sehat.
5.      Memahami bagaimana penerapan nilai-nilai karakter dari penerapan pola hidup sehat.
6.      Memahami dan meneladani pola hidup sehat ala Rasullah SAW.
  


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pola hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Baik itu dalam sebuah rutinitas olahraga yang tentu akan menjaga kondisi kesehatan dan juga akan menghindarkan dari segala hal yang dapat menjadi penyebab penyakit bagi tubuh kita. Kesehatan adalah dambaan kita semua. Untuk hidup sehat tentunya akan menjalankan sebuah aktifitas rutin dengan memperhatikan gaya hidup sehat. Kekayaan lahir dan batin tidak akan ada artinya bila kita masih terjebak dalam kondisi atau situasi sakit baik itu karena virus penyakit ataupun karena tingkah laku yang tidak memperhatikan kondisi badan.
Pola hidup sehat selalu berhubungan dengan faktor makanan yang menyehatkan serta menjauhi dari pola makanan tidak sehat yang nantinya akan menyebabkan harihari kita menjadi suram karena timbul penyakit. Selain dari aspek makanan yang sehat juga bergizi satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar dengan olahraga yg teratur dan menghindari tubuh kecapekan sehingga pikiran kita stress.Dengan selalu memperhatikan pola hidup sehat semoga kita selalu dalam keadaan sehat. Dapat menjalani kehidupan ini dengan penuh makna bersama keluarga atau lingkungan sekitar kita.

Prilaku hidup sehat adalah semua perilaku yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga  atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif  dalam kegiatan-kegiatan kesehatan dimasyarakat (Departemen pekerjaan Umum,2007:112).
Pola hidup bersih dan sehat adalah upaya memberikan pengalaman belajar bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi, guna meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku melalui pendekatan advokasi, Bina suasana (social Support) dan gerakan masyarakat (Empowerment) sehingga dapat menerapkan cara-cara hidup sehat, dalam rangka menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat (Depkes RI 2011).

B.     Tips Pola Hidup Sehat
Kesehatan itu mahal harganya sehingga tidak seorangpun ingin sakit. Tetapi seringkali penyakit datang dengan tiba-tiba hanya karena manusia lalai  menjaga kesehatan. Tanpa disadari, terkadang pola hidup sehari-hari dapat menyebabkan seseorang jatuh sakit. Pola hidup sehat merupakan kebiasaan hidup yang berpegang pada prinsip menjaga kesehatan. Menjalani pola hidup sehat merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Ibarat orang dalam perjalanan dan menemukan persimpangan jalan, satu arah merupakan jalan yang terjal, berbukit-bukit dan jauh sementara jalan yang lain mudah dan lebih dekat, tetapi macet. Kebanyakan orang akan memilih jalan yang mudah meskipun macet. Itulah gambaran manusia biasanya memilih yang mudah, makan yang serba enak, malas bekerja, tidur nyenyak dan malas bergerak. Orang yang memilih jalan hidup serba mudah dan tidak teratur dalam jangka panjang akan menjadikan orang tersebut menjadi tidak sehat, pemalas dan kehilangan jati diri karena  hidupnya tidk disiplin dan tidak mampu mengendalikan diri.
Guru besar Pendidikan jasmani dan olahraga FIK UNY, Profesor Arma Abdullah, M. Sc, merupakan sosok yang patut diteladani karena beliau orang yang disiplin dalam menjalani kehidupan hingga kini pada usianya yang sudah lebih dari 80 tahun masih aktif bermain golf, pergi dengan membawa mobil sendiri dan jarang sakit.  Kunci hidup beliau adalah makan teratur, istirahat teratur, berolah raga teratur dan tidak merokok. Guang (2002:6) menyatakan bahwa 80% penyakit kronis yang menyerang manusia disebabkan oleh gaya hidup yang salah, dan 20% yang lain disebabkan oleh faktor lain. Karena itu, menjalani hidup yang benar merupakan keharusan bagi tiap orang jika ingin hidupnya sehat dan bermanfaat bagi orang lain.
·         Mengatur Makanan dan Pola Makan
Diet berarti mengatur makan. Hal ini mengandung makna bahwa makan harus seimbang dengan kebutuhan tenaga. Kalau seseorang bekerja dengan kebutuhan tenaga yang banyak, seperti tukang batu, pengayuh becak, atau seotrang atlet berarti kebutuhan makan juga banyak. Sebaliknya, seseorang yang bekerja diatas meja seperti sekretaris atau kepala kantor yang memerlukan tenaga tidak banyak, maka makanan yang dibutuhkan juga tidak banyak. Oleh karena itu, konsumsi makanan harus sesuai dengan kebutuhan tenaga. Dengan kata lain, input energi harus sama dengan output  energi. Ingat, mengkonsumsi makanan yang berlebihan dapat berakibat lansung pada  kelebihan berat badan, kegemukan dan akibatnya dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes melitus dan secara tidak lansung dapat menimbulkan depresi dan ketidaknyamanan sosial.
Sebaliknya, jika mengonsumsi makanan yang kurang memenuhi standar kecukupan gizi, juga menyebabkan tubuh tidak sehat, badan tampak kurus dan penampilan menjadi kurang percaya diri. oleh karena itu, untuk mencapai kesehatan, setiap orang harus membisakan mengosumsi makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi yang seimbang pedoman umum Gizi Seimbang (PUGS) menganjurkan agar 60-70% kebutuhan energi diperoleh dari karbohidrat (terutama karbohidrat kompleks), 10-15% dari protein, dan 10-25% dari lemak (Almatsier,2005:13). Agar makanan yang dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh , makanan harus ada takarannya. Cara yang mudah untuk menentukan takaran makanan adalah  dengan metode Low Calory  Eating atau 70% -80% kenyang setiap kali makan dan memperhatikan kandungan gizinya, yaitu makanan yang mengandung unsur-unsur karbohidrat , lemak, protein, vitamin dan mineral (Long & Shanon, 1983:25)
·         Menjaga Kesehatan Pribadi
Tugas lain dalam usaha mendapatkan kesehatan yang baik adalah dengan cara menjaga kesehatan pribadi. Kesehatan pribadi dapat diartikan  sebagai aktivitas rutin yang biasa dilakukaan oleh setiap orang seperti  mandi, menggosok gigi, berpakaian, kebersihan rambut (Irianto 2004:83).
·         Mengatur Istirahat
Mengatur istirahat berarti mengatur antara bekerja dan istirahat. Tenaga manusia ada batasannya. Kapan harus bekerja dan kapan harus istirahat. Jika antara bekerja dan istirahat  tidak seimbang , dapat menyebabkan badan menjadi tidak nyaman dan bisa menimbulkan sakit. Istirahat bagi tubuh diperlukan untuk memberikan kesempatan pada alat-alat tubuh atau organ – organ tubuh mengurangi pekerjaannya secara faali sehingga tubuh dapat melakukan kerja sehari-hari dengan baik. Istirahat yang baik adalaha tidur selama 7-8 jam setiap hari . tidur sebaiknya dilakukan pada malam hari  setelah seharian fisik bekerja.
·         Berolahraga Teratur
Olahraga yang teratur adalaha olahraga yang dilakukan setiap dua hari sekali. Olahraga yang cocok dan mudah dilakukan oleh setiap orang adalah olahraga  aerobik, seperti  jalana kaki, jogging, senam aerobik, berenang, bersepeda atau permainan ringan, seperti tenis meja atau golf. Olahraga permainan  lebih disukai banyak orang karena menyenangkan. Olahraga permainan lebih cocok untuk pengembangan motorik anak (Poppen, 2002:41). Problem yang muncul dalam amsyarakat adalah budaya malas untuk berolahraga.  Agar orang gemar bermain atau berolahraga aktivitas itu harus muncul dari motivasi diri sendiri dan dipilih sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan tubuh masih dapat mengontrol aktivitas yang dilakukan baik bentuk gerakan maupun kecepatan gerakan (Mechikoff, 2010:5).
Dosis latihan olahraga yang baik menurut Hinson (1995:30) adalah ketika denyut jantung bekerja dan lama latihan antara 60-80% dari denyut jantung maksimal dan lama latihan antara 30 sampai 60 menit. Yang perlu diperhatikan dalam berolahraga selain penentuan dosis latihan adalah latihan jangan berlebihan atau over dosis. Jika seorang berolahraga secara berlebihan (over training), badan akan menjadi lelah. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, dalam jangka waktu panjang  dapat menyebabkan jatuh sakit dan akhirnya  akan menjadi takut berolahraga (Richardson, 2008:9).


HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA : sorsir.123@gmail.com
 FAST  RESPON 
               
ATAU  KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )
DOWNLOAD  DISINI VIA GOOGLE DRIVE
DOWNLOAD  DISINI VIA  FILE SHARING



Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Makalah Pola Hidup Sehat"