MAKALAH KEWIRAUSAHAAN APAPUN BISA JADI UANG


KATA PENGANTAR

Bismillahirrohmanirrohiim. Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat, inayah, taufik, dan ilhamnya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.
Makalah ini disusun dalam rangka untuk menyelesaikan tugas dari dosen kami bapak Subban M.Pd.I selaku pengampu materi Kewirausahaan. Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun  isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh karena itu kami harapkan kepada pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini sehingga dapat terselesaikan, apabila ada kesalahan dalam penulisan kami mohon maaf. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai kita semua.


Medan, 11 Oktober 2018
                                   penyusun



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR........................................................................................................
DAFTAR ISI......................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN :
A.    LATAR BELAKANG............................................................................................
B.     RUMUSAN MASALAH.......................................................................................
C.     TUJUAN.................................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN :.................................................................................................
A.    Memulai bisnis.........................................................................................................
B.     Memilih Bidang Usaha
C.     Bagaiman memperoleh Modal
D.    Hukum Berhutang
BAB III PENUTUP
A.    KESIMPULAN :....................................................................................................
B.     SARAN :.................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................................



                                                                      BAB I
                                                            PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Perencanaan bisnis merupakan langkah awal dalam menjalankan bisnis, biasanya terdiri dari apa yang kita lakukan, kapan, dan bagaimana cara lebih jelas mengenai tipe bisnis yang akan dirintis, siapa saja yang akan menjadi pelanggan dan produk atau jasa apa yang akan ditawarkan. Rencana bisnis dikembangkan dengan focus kepada pemegang kepentingan. Rencana bisnis yang lengkap biasanya termasuk suatu penaksiran lingkungan bisnis, rencana manajemen, rencana pemasaran, dan rencana keuangan.
Penaksiran lingkungan bisnis meliputi lingkungan ekonomi, lingkungan industri, dan lingkungan global. Rencana manajemen termasuk di dalamnya rencana operasional menitikberatkan pada usulan struktur organisasi produksidan sumber daya manusia dalam perusahaan. Perencanaan pemasaran meliputi lima langkah yaitu : target pasar, karakteristik pasar, penentuan harga, distribusi, dan promosi. Selanjutnya rencana keuangan terdiri dari dua yaitu kelayakan bisnis dan pendanaan bisnis.
Jenis usaha kecil tidak perlu membuat rencana bisnis yang rumit untuk memulai usahanya. Seringkali rencana bisnis dibuat dalam bentuk catatan saat melakukan diskusi atau tanya jawab. Seringkali juga orang memulai bisnis tanpa rencana sama sekali, sehingga ide-ide menjadi kabur dan mereka tidak tahu apa yang selanjutnya harus mereka lakukan. Dengan menulis sebuah rencana, meskipun itu berupa catatan-catatan kecil, kita akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai jenis bisnis yang diinginkan, serta bagaimana bisnis harus dikembangkan sejalan dengan perkembangan zaman.
Peluang untuk memulai suatu usaha sebenarnya ada di sekeliling kita, hanya saja ada individu yang hisa melihatnya sebagai sebuah peluang untuk memulai suatu usaha dan ada juga yang tidak bisa melihatnya. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya faktor informasi yang dimiliki. Informasi memungkinkan seseorang mengetahui bahwa peluang ada saat orang lain tidak menghiraukan situasi tersebut. Akses terhadap informasi dipengaruhi oleh pengalaman hidup dan hubungan sosial. Disamping pengaruh lingkungan hidup dan sosial tersebut, sebagai wirausaha kita juga dituntut mempunyai keberanian unutuk menanggung kemungkinan resiko yang akan didapat setelah melakukan usaha tersebut.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaiman cara memulai bisnis ?
2.      Bagaimana cara memilih bidang usaha ?
3.      Bagaiman memperoleh modal ?
4.      Apa saja prinsif berhutang ?

C.    Tujuan
1.      Mengetahui cara memulai bisnis
2.      Megetahui cara memilih bidang usaha
3.      Mengetahui memperoleh modal
5.      Mengetahui prinsif berhutang.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Memulai Bisnis
            Bisnis berawal dari sebuah ide dan rencana. Oleh karena itu, memiliki ide merupakan soft atau modal lunak untuk membangun bisnis. Memulainya bisa dari mana saja. Akan tetapi, sebagai rambu-rambu, paling tidak ada beberapa  petuah dari beberapa pengusaha sukses mengenai cara memulai bisnis baru. Berikut ini adalah cara mengenali atau melihat peluang usaha dari lingkungan sekitar yang dapat berguna sebagai bekal sebelum memulai usaha.[1]
1. Melakukan Analisis Penduduk
            Dengan melakukan analisis penduduk mencakup umur, jumlah, tingkat ekonomi, dan, latar belakang  kita bisa tahu jenis kebutuhan, perkiraan jumlahnya, serta bentuk produk. Umumnya, setiap golongan umur dan status ekonomi yang sama akan mempunyai karakteristik yang hampir serupa. Dengan demikian, barang dan jasa apa saja yang dibutuhkan bisa diperkirakan.


HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA : sorsir.123@gmail.com

 FAST  RESPON 
               
ATAU  KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )
DOWNLOAD DISINI VIA GOOGLE DRIVE
DOWNLOAD DISINI VIA MEDIAFIRE

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MAKALAH KEWIRAUSAHAAN APAPUN BISA JADI UANG"

Post a Comment