MAKALAH TENTANG MANUSIA DAN LINGKUNGAN








KATA PENGANTAR


            Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga, makalah yang bertemakan Manusia dan Lingkungan ini dapat diselesaikan dengan baik. Selanjutnya penulis sampaikan shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW, pada keluarganya, sahabatnya, dan kita sebagai umatnya.
Makalah ini bertemakan tentang “Manusia dan Lingkungan” secara khusus mendeskripsikan tentang hakikat manusia sebagai subjek dan objek lingkungan, pandangan  manusia terhadap lingkungan, pengaruh timbal balik antara kondisi lingkungan alam dan lingkungan sosial budaya, masalah demografi dan pertumbuhan penduduk di Indonesia, kuantitas dan kualitas penduduk serta problematika pembangunan. Makalah ini disusun sebagai tugas dari mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar sebagai pengetahuan untuk kita semua dan sebagai langkah untuk menyadari betapa eratnya hubungan antara manusia dan lingkungan.
Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada dosen mata kuliah ISBD yang telah banyak memberikan petunjuk dalam pembuatan makalah ini, Selanjutnya kepada orang tua dan teman-teman yang telah memberikan dukungan materil maupun moril.
Kami menyadari bahwasanya makalah ini masih jauh dari sempurna, tetapi mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dalam mencari ilmu dan untuk para pembaca semua dalam menambah pengetahuan. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna menyempurnakan makalah ini.









                           





DAFTAR ISI
           

Halaman Judul ..........................................................................................
Kata Pengantar .........................................................................................
i
Daftar Isi ....................................................................................................


ii
BAB I. PENDAHULUAN ........................................................................
1
            1.1 Latar Belakang .......................................................................
1
            1.2 Rumusan Masalah ..................................................................
2
            1.3 Tujuan Penulisan ....................................................................
2
BAB II. PEMBAHASAN ..........................................................................
      3
            2.1 Hakekat Manusia sebagai Obyek dan Subyek Lingkunga...
      3
            2.2 Manusia, Lingkungan Alam dan Lingkungan Sosial                                 Budaya ..........................................................................
                  2.3 Pengaruh Timbal Balik Antara Kondisi Lingkungan Alam                      dan Lingkungan Sosial Budaya ......................................
              2.4  Pengertian Demografi dan Problematika dalam Meningkatkan                 Kesejahteraan Hidup Manusia .................
               2.5  Pertambahan dan Pertumbuahan Penduduk Indonesia......
              2.6  Analisis Dampak Lingkungan dan Analisis Resiko Lingkungan                .....................................................................
   
       3

      4

      8
BAB III. PENUTUP ........................................................................
13
            3.1 Kesimpulan ....................................................................
            32. Saran ............................................................................
13

13
Daftar Pustaka .. ....................................................................................




BAB 1. 
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Kita bernapas memerlukan udara dari lingkungan sekitar. Kita makan, minum, menjaga kesehatan, semuanya memerlukan lingkungan. Manusia hidup Pasti mempunyai hubungan dengan lingkungan. Secara almiah manusia pasti berinteraksi dengan lingkungannya. Perlaukan manusia terhadap lingkungan sangat menentukan keramahan lingkungan terhadap kehidupanya sendiri. Manusia bisa memanfaatkan lingkungan namun manusia sendiri juga harus sadar agar selalu memelihara lingkungan juga sehingga tingkat kemanfaatnya tetap terjaga bahkan bisa di tingkatkan lagi. Bagaimana manusia menyikapi dan mengelola lingkungan yang pada akhirnyaakan mewujudkan pola-pola peradaban dan kebudayaan.
Lingkungan hidup tidak bisa dipisahkan dari ekosistem. Lingkungan hidup pada dasarnya adalah suatu sistim kehidupan tatanan ekosistem, dan manusia adalah bagian dari ekositem tersebut. Lingkungan dapat pula berbentuk lingkungan fisik dan non fisik. Lingkungan amat penting bagi kehidupan manusia. Segala yang ada pada lingkungan dapat di manfaatkan oleh manusia untuk mencukupi kebuutuhan manusia, karena lingkungan memiliki daya dukung, yaitu kemampuan lingkungan untuk mendukungkehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya arti penting lingkunagan bagi manusia karena lingkungan merupakan tempat hidup manusia, lingkungan memberi sumber sumber penghidupan manusia, lingkungan mempengaruhi sifat, karakter, dan perilaku manusia yang mendiaminya.
Karena manusia memiliki hubungan yang erat dengan lingkungannya seperti yang dijelaskan sebelumnya. maka menjadi menarik jika kita bisa membahas hubungan manusia dan lingkungan. Untuk itu, Kami penulis mencoba menuangkan ide pemikiran tersebut kedalam makalah yang berjudul “Manusia dan Lingkungan”.

1.2  Rumusan Masalah
            Setiap pembuatan karya ilmiah pasti berangkat dari suatu masalah, masalah ini mendorong manusia untuk segera memecahkannya, maka penulisan karya ilmiah merupakan salah satu cara yang dipakai. Suatu masalah hendaknya dirumuskan dengan baik, sebab dalam rumusan masalah memuat latar belakang suatu masalah yang akan diteliti.
            Berdasarkan uraian latar belakang yang penulis kemukakan diatas, maka dalam penulisan karya ilmiah ini peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:
1.      Apa hakekat manusia sebagai obyek dan subyek lingkungan ?
2.      Apa hubungan manusia, lingkungan alam dan lingkungan sosial budaya ?
3.      Bagai mana pengaruh timbal balik antara kondisi lingkungan alam dan lingkungan social budaya
4.         Apa yang dimaksud dengan demografi dan problematikanya dalam meningkatkan kesejahteraan hidup manusia ?
5.      Apa pengaruh pertambahan dan pertumbuhan penduduk Indonesia terhadap lingkungan ?
6.      Bagaimana analisis dampak lingkungan dan analisis resiko lingkungan ?

1.3  Tujuan Penulisan
            Berdasarkan rumusan masalah yang penulis kemukakan diatas, adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar pembaca (mahasiswa) memahami akan perannya dalam pembangunan dan pemeliharaan lingkungan, bagaimana pengaruh lingkungan terhadap diri dan orang lain, serta bagaimana apabila manusia mengembangkan lingkungan tanpa dilandasi oleh nilai-nilai moral, etika dan religi.






BAB 2. 
PEMBAHASAN
MANUSIA DAN LINGUNGAN

2.1 Hakekat Manusia sebagai Obyek dan Subyek Lingkungan
            Hakekat manusia sebagai subjek lingkungan adalah makhluk yang berperan untuk mengelola dan merawat lingkungan. Makhluk yang memiliki tenaga yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial. Individu yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.
Hakekat manusia sebagai objek lingkungan adalah makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang yang tidak akan pernah selesai (tuntas) selama hidupnya. Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat. Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan terutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusiaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.
Atas dasar itu disimpulkan bahwa dengan lingkungan yang baiklah manusia dapat mengembangkan dan mencapai hidupnya secara baik. Demikian pula dengan kualitas yang memadai yang mereka miliki, manusia akan mengembangkan lingkungan hidupnya secara baik pula.[1][1]

2.2. Manusia, Lingkungan Alam dan Lingkungan Sosial Budaya
            Manusia adalah mahluk hidup ciptaan Tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam, mengalami kelahiran, pertumbuhan perkembangan, mati, dan seterusnya, serta terikat dan berinteraksi dengan alam dan lingkungan sosial budayanya dalam sebuah hubungan timbal balik baik itu positif maupun negatif.
            Lingkungan adalah suatu media dimana mahluk hidup tinggal, mencari penghidupannya dan memiliki karakter serta fungsi yang khas dimana terkait secara timbal balik dengan kesadaran mahluk hidup yang memiliki peranan yang lebih kompleks dan riil.
            Manusia hidup, tumbuh dan berkembang dalam lingkungan alam dan lingkungan sosial budayanya. Dalam lingkungan alam manusia hidup dalam sebuah ekosistem, yakni suatu unit atau satuan fungsional dari mahluk-mahluk hidup dengan lingkungannya.[2][2]
Dengan kemampuan yang dimilikinya, manusia tidak hanya dapat menyesuaikan diri. Manusia juga dapat memanfaatkan potensi lingkungan untuk lebih mengembangkan kualitas kehidupannya. Bagi manusia, selain sebagai tempat tinggalnya, lingkungan hidup juga dapat dimanfaatkan sebagai :
1.     Media penghasil bahan kebutuhan pokok (sandang, pangan, dan papan).
2.     Wahana bersosialisasi dan berinteraksi dengan makhluk hidup atau manusia lainnya.
3.      Sumber energy.
4.     Sumber bahan mineral yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kelangsungan hidup manusia.
5.     Media ekosistem dan pelestarian flora dan fauna serta sumber alam lain yang dapat dilindungi untuk dilestarikan.

2.3 Pengaruh Timbal Balik Antara Kondisi Lingkungan Alam dan  Lingkungan Sosial Budaya
2.3.1 Pengaruh Timbal Balik Antara Manusia dan Lingkungan Alam
            Manusia sedikit demi sedikit menyesuaikan diri dengan alam lingkungannya. Manusia memandang alam lingkungannya dengan bermacam-macam kebutuhan dan keinginan. Manusia bergulat dan bersaing dengan spesies lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan sumber alam yang ada di lingkungan hidupnya. Sumber alam dapat digolongkan kedalam dua bagian, yakni:
-          Sumber alam yang dapat diperbarui (renewble resources) atau disebut pula sumber-sumber alam biotik. Yang tergolong ke dalam sumber alam ini adalah semua mahluk hidup, hutan, hewan-hewan, dan tumbuh-tumbuhan.
-          Sumber alam yang tidak dapat diperbarui (nonrenewble resourches) atau disebut pula sebagai golongan sumber alam abiotik. Yang tergolong ke dalam sumber alam abiotik adalah tanah, air, bahan-bahan galian, mineral, dan bahan-bahan tambang lainnya.
            Manusia memandang alam lingkungannya dengan bermacam-macam kebutuhan dan keinginan. Dalam hal ini manusia memiliki kemampuan lebih besar dibandingkan organisme lainnya terutama pada penggunaan sumber-sumber alamnya seperti pertanian dan tanah, hutan, air, serta bahan tambang.
            Perubahan alam lingkungan hidup manusia akan berpengaruh baik secara positif maupun negatif. Berpengaruh baik bagi hidup dan kehidupan manusia karena manusia mendapatkan keuntungan dari perubahan tersebut, dan berpengaruh tidak baik karena dapat mengurangi kemampuan alam lingkungan hidupnya untuk menyokong kehidupannya. Dengan kata lain ada hubungan interdepedensi (ketergantungan)yang saling mempengaruhi secara timbal balik antara manusia dan kondisi lingkungan alam.
            Dalam memanfaatkan alam, manusia terkadang tidak memerhatikan dampak yang akan ditimbulkan. Beberapa bentuk kerusakan lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia, antara lain, meliputi hal-hal berikut ini :


HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA : sorsir.123@gmail.com
 FAST  RESPON 
               
ATAU  KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )

 DOWNLOAD DISINI VIA MEDIAFIRE

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "MAKALAH TENTANG MANUSIA DAN LINGKUNGAN"