MAKALAH INTEGRAL PARSIAL


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Integral parsial ditandai dengan adanya fungsi yang jika diturunkan terus akan bernilai nol sehingga dalam hal ini hanya sebagian fungsi saja yang diintegralkan sedangkan yang lain diturunkan. Integral parsial digunakan ketika integral suatu fungsi tidak dapat diselesaikan dengan metode anti turunan sesuai defenisinya. Integral parsial umumnya digunakan pada integral hasil kali dua fungsi yang secara umum berbentuk . Integral parsial ditandai dengan pemisalan salah satu fungsinya dan , sehingga dihasilkan bentuk lain yang biasanya disimbolkan dengan .Beberapa buku mungkin menggunakan simbol yang berbeda tetapi prinsipnya tetap sama.Prinsipnya adalah menurunkan salah satu fungsi yang jika diturunkan terus akan bernilai nol sedangkan fungsi lain diintegralkan.

1.2 Rumusan Masalah
  1. Apakah pengertian dari integral parsial?
  2. Bagaimana cara rumus umum dari integral parsial?

1.3 Tujuan
  1. Untuk mengetahui pengertian integral parsial
  2. Mengetahui cara rumus umum integral parsial



BAB II
PEMBAHASAN

A.Pengertian Integral Parsial
Integral parsial adalah suatu cara untuk menaikkan pangkat suatu bilangan dua perkalian fungsi yang berbeda sehingga fungsi bilangan tersebut dapat menaikkan pangkatnya (diintegralkan). Integral parsial dihubungkan dengan fungsi bilangan (u) dan (dv) yang fungsi tersebut akan dikali dan diintegralkan sesuai dengan aturan rumus integral parsial.
Integral Parsial memiliki cara khusus dimana dua bilangan fungsi dari (u) dan (dv) akan dihitung untuk mencari penurunan pangkat dari (u) atau biasa disebut (du) dan mencari kenaikan pangkat (dv) atau biasa disebut (v). Bilangan fungsi-fungsi diatas memiliki hubungan yang sangat penting dalam integral parsial
Sering kali terdapat banyak pendapat yang menyatakan bahwa integral parsial hampir sama penyederhanaannya seperti integral subtitusi. Padahal dalam konsep penyederhanaan integral parsial lebih rumit dibandingkan integral subtitusi. Integral parsial menyederhanakan fungsi dengan pemilihan fungsi yang akan diturunkan dan yang akan diintegralkan untuk membuat fungsi-fungsi baru yang akan digunakan pada rumus integral parsial.

B. Rumus Integral Parsial
Integral parsial memiliki rumus umum seperti :
Dimana dalam rumus diatas kita harus memilih salah satu fungsi (u) pada soal dan fungsi sisanya sebagai (dv). Saat mengerjakan integral parsial, kita perlu memilih fungsi (u) yang tepat dengan syarat (u) diturunkan hasil turunannya akan lebih sederhana dari (u) sendiri. Contoh-contohnya untuk turunan dibawah ini :


HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA : sorsir.123@gmail.com
 FAST  RESPON 
               
ATAU  KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )

DOWNLOAD  DISINI VIA MEDIAFIRE

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "MAKALAH INTEGRAL PARSIAL "