MAKALAH MANUSIA DAN PERADABAN

KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat serta karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul : Manusia dan Peradaban” ini tepat pada waktunya.
Kami mengucapkan terimah kasih kepada Ibu Dra. Trisni Andayani, M.Si. Selaku dosen pengampu mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar dan pihak-pihak yang telah mendukung kami dalam penyusunan makalah ini.
Makalah ini membahas tentang manusia dan peradaban, modernisasi dan globalisasi, konsep peradaban, evolusi budaya dan tahapan-tahapan peradaban, wujud peradaban serta peradaban dan problematikanya.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dan ikut membantu dalam penyusunan makalah ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi segala usaha kita.





BAB I
PENDAHULUAN

    1. Latar Belakang
       Manusia merupakan makhluk yang mempunyai akal, jasmani dan rohani. Melalui akalnya manusia dituntut untuk berfikir menggunakan akalnya untuk menciptakan sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Melalui jasmaninya manusia dituntut untuk menggunakan fisik / jasmaninya melakukan sesuatu yang sesuai dengan fungsinya dan tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Dan melalui rohaninya manusia dituntut untuk senantiasa dapat mengolah rohaninya yaitu dengan cara beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.
Antara manusia dan peradaban mempunyai hubungan yang sangat erat karena diantara keduanya saling mendukung untuk menciptakan suatu kehidupan yang sesuai kodratnya. Suatu peradaban timbul karena ada yang menciptakannya yaitu diantaranya factor manusianya yang melaksanakan peradaban tersebut.
Suatu peradaban mempunyai wujud, tahapan dan dapat berevolusi / berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Dari peradaban pula dapat mengakibatkan suatu perubahan pada kehidupan social. Perubahan ini dapat diakibatkan karena pengaruh modernisasi yang terjadi di masyarakat.
Perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bias digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Demikian juga ditemukannya formulasi - formulasi baru kapasitas computer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai ilmu dan aktifitas manusia.

    1. Rumusan Masalah
1.2.1 Bagaimana Hakekat  Manusia dan  Peradaban?
1.2.2 Bagaimana Wujud dan Perkembangan Peradaban?
1.2.3 Apa perbedaan antara kebudayaan dan peradaban?
    1. Tujuan
1.3.1 Mengetahui Hakekat  Manusia dan  Peradaban.
1.3.2 Mengetahui Wujud dan Perkembangan Peradaban.
1.3.3 Mengetahui perbedaan antara kebudayaan dan peradaban.



BAB II
PEMBAHASAN

2 Manusia dan Peradaban
    1. Pengertian Peradaban
Peradaban berasal dari kata adab yang berarti kesopanan, kehormatan, budi bahasa dan etiket. Lawannya adalah biadab, kasar, kurang ajar dan tak tahu pergaulan. Peradaban adalah seluruh kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan ilmu teknik untuk kegunaan praktis.Peradaban sebagai suatu perwujudan budaya yang didasarkan pada akal (rasio) semata-mata dengan mengabaikan nurani akan berlainan dengan perwujudan budaya yang didasarkan pada akal, nurani, dan kehendak sebagai kesatuan yang utuh.
Manusia yang beradab adalah manusia yang memiliki kesopanan dan berbudi pekerti. Manusia yang tidak beradab = biadab.  Berikut penjelasan mengenai ukuran akhlak, kesopanan dan budi pekerti:
         Prof. Dr. Koentjaraningrat, peradaban ialah bagian- bagian kebudayaan yang halus dan indah seperti kesenian.
         Oswald Spengl (1880-1936) Kebudayaan ialah wujud dari seluruh kehidupan adat, industrial filsafat dan sebagainya, peradaban ialah kebudayaan yang sudah tidak tumbuh lagi, sudah mati.
Peradaban didefinisikan sebagai keseluruhan kompleksitas produk pikiran kelompok manusia yang mengatasi negara, ras, suku atau agama yang membedakannya dari yang lain.Beradab setidaknya sebuah masyarakat bersifat relatif dan harus ada norma. Kebutuhan akan adab dengan peradaban mengacu pada masyarakat yang memiliki organisasi sosial, kebudayaan dan cara berkehidupan yang sudah maju yang menyebabkan berbeda dari masyarakat lain.
Peradaban merupakan tahap kebudayaan tertentu dan telah maju yang bercirikan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan lain-lain. Masyarakat memiliki peradaban yang berbeda-beda satu sama lain.
Beberapa pendapat mengenai peradaban yang disampaikan oleh para ahli:
1.    Menurut Oswalg Spengl, Peradaban adalah kebudayaan yang mengalami perubahan dan menekankan pada kesejahteraan fisik dan material.
2.    Menurut Anne Ahira, Peradaban adalah kebudayaan yang mengalami kemajuan yang tinggi.
3.    Menurut KBBI, Peradaban adalah kemajuan yang menyangkut sopan santun, budi bahasa dana kebudayaan suatu bangsa.
Dalam kebudayaan Barat, manusia beradab adalah yang berpendidikan, sopan dan berbudaya. Ciri penting dalam definisi peradaban adalah berbudaya (cultured), antara lain: melek huruf (lettered).
    1. Peradaban Klasik Kuno
Peradaban kuno sangat dipengaruhi oleh zaman pada periode anatara 600 SM – 400 SM di mana serangkaian orang bijak, nabi, agama dan filsuf reformis, dari Cina, India, Iran, Israel dan Yunani, mengubah arah peradaban selamanya. Julian Jaynes menghubungkannya dengan “runtuhnya pikiran bikameral”, di mana ide-ide bawah sadar hanya diakui sebagai subjektif, bukannya sebagai suara dari roh-roh. William H. McNeill mengkajinya dari periode sejarah sebagai salah satu budaya di mana kontak anatara peradaban sebelumnya terpisah dengan melihat “penutupan oecumene”, dan menyebabkan perubahan sosial dipercepat dari Cina ke Mediterania, berhubungan dengan penyebaran mata uang,kerajaan yang lebih besar dan agama-agama baru. Pandangan ini baru-baru ini telah diperjuangkan oleh Christopher Chase-Dunn dan ahli teori sistem dunia lainnya.

HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA : sorsir.123@gmail.com
 FAST  RESPON 
               
ATAU  KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )

 DOWNLOAD DISINI VIA MEDIAFIRE

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MAKALAH MANUSIA DAN PERADABAN"

Post a Comment