MAKALAH KOMUNITAS TUMBUHAN DAN SIFAT-SIFATNYA

KATA PENGANTAR 

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah tentang “KOMUNITAS TUMBUHAN DAN SIFAT-SIFATNYA”. Solawat berserta salam kita sanjung tinggikan kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam kebodohan ke alam berilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan sekarang ini.
Saya  juga menyadari bahwa tugas  makalah ini masih banyak kekurangan baik dari segi isi, maupun dari segi penulisan, untuk itu saya mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat membangun untuk kesempurnaan tugas makalah ini.Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembacanya . AMIINN




                                                                                                Medan,      Desember 2013


                                                                                                            Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Komunitas ialah kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain. Komunitas memiliki derajat keterpaduan yang lebih kompleks bila dibandingkan dengan individu dan populasi.
Berdasarkan pandangan individualistik, komunitas tumbuhan terdiri dari kelompok tumbuhan yang masing-masing mempertahankan individualitasnya. Namun adanya individualitas tumbuhan bukan berarti menghambat adanya hubungan tertentu diantara tumbuhan dalam komunitas. Hubungan ini menurut  Walter digolongkan dalam tiga kelas yaitu :
1.        Pesaing Langsung (Direct Competitors), terjadi persaingan terhadap sumber daya lingkungan yang sama karena menempati strata atas maupun bawah dalam suatu lahan yang sama.
2.        Spesies Dependen (Dependent Species), spesies yang hanya dapat hidup pada niche tertentu hanya dengan hadirnya tumbuhan lain. Sebagai contoh tumbuhan lumut yang hanya dapat tumbuh pada kondisi mikroklimat tertentu yang dihasilkan oleh tegakan pohon.
3.        Spesies Komplementer (Compementary Species), spesies yang tidak saling bersaing dengan spesies lain karena persyaratan hidup cukup berhasil/ puas dengan menempati strata yang berbeda atau dengan ritme musiman yang berbeda.

1.2.Tujuan
       1. Mengetahui pengertian komunitas tumbuhan
       2. Mengetahui Sifat-sifat dari komunitas tumbuhan
3. Mengetahui  faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman spesies
4. Mengetahui Defenisi komunitas tumbuhan menurut ahli ekologi
5. Mengetahui Struktur Komunitas

HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA : sorsir.123@gmail.com
 FAST  RESPON 
               
ATAU  KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )
DOWNLOAD DISINI VIA GOOGLE DRIVE

DOWNLOAD DISINI VIA MEDIAFIRE



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MAKALAH KOMUNITAS TUMBUHAN DAN SIFAT-SIFATNYA"

Post a Comment