Kajian sosiologi tentang sekolah


KAJIAN SOSIOLOGI TENTANG SEKOLAH




A.    Pengertian Sekolah
Sekolah adalah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa dibawah pengawasan pendidik. Sebagian besar mereka memiliki sistem pendidikan formal yang merupakan upaya menciptakan anak didik agar mengalami kemajuan setelah melalui proses pembelajaran
B.     Sekolah sebagai sistem interaksi
Sebagai sebuah sitem sekolah mempunyai keterkaitan dengan sistem lainnya, meliputi orang tua siswa, masyarakat, sekitar sekolah, dinas-dinas, kepolisian, lembaga ke agamaan.
C.     Kelas sebagai sistem sosial
Kita memahami lkelas sebagai sistem sosial, ruang kelas terdiri dari beberapa unsur yang saling fungsional yaitu:
1.      Guru
2.      Murid
3.      Manajemen sekolah.
D.    Tugas sekolah dalam mempersiapkan ADM
Pendidikan dalam konteks persiapan generasi yang berkeunggulan memiliki beberapa peran yaitu:
1.      Sekolah memberi bekal pengetahuan dan keterampilan
2.      Sekolah merupakan pesemaian kader-kader pemimpin
3.      Sekolah merupakan tempat untuk mengantisipasi mobilitasi sosial
4.      Sekolah membantu memecahkan masalah-masalah sosial
5.      Sekolah merupakan agen-agen penerus
6.      Sekolah dapat membantu kesejahteraan keluarga.
Pemahaman terdapat perubahan sosial bagi pendidik adalah untuk mengetahui akar persoalan perubahan dan bentuk apa yang harus dilakukan pada masyarakat yang berubah tersebut.
E.     Sekolah sebagai pusat kebudayaan.
Pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan dan tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan. Antara sekolah dan kebudayaan keduanya merupakan gejala dan faktor pelengkap yang penting dalam kehidupn manusia, sebab manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial yang pasti berinteraksi dengan orang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kajian sosiologi tentang sekolah"

Post a Comment