MAKALAH MEMAHAMI SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM


MEMAHAMI SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM



KATA PENGANTAR


Assalamu'alaikum. Wr. Wb        
Segala puji dan syukur bagi Allah SWT., atas segala rahmat dan karunianya, sehingga kami dapat menyusun hasil makalah kami ini, meskipun kami akui masih jauh dari kata sempurna. Shalawat dan salam, semoga Allah hadiahkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa salam sebagai pembawa syariat islam untuk diimani,dipelajari, dan dihayati serta di amalkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Maksud kami menyusun tugas ini dalam rangka menyelesaikan tugas yang diemban mata kuliah Supervisi Pendidikan kepada kami, dengan segenap Ridho Allah kami berusaha menyelesaikannya sesuai harapan dosen mata kuliah Supervisi Pendidikan Bapak Ahmad Mukhalasin, M.Pd.
Dalam penyusunan tugas ini, kami berusaha untuk memaparkannya secara sederhana, praktis, dan sistematis agar mudah dipahami oleh teman-teman mahasiswa.Mudah-mudahan hasil tugas yang kamipaparkan dapat dimengerti sehingga proses pembelajaran kita tidak terhambat karena ketidak pahaman.
Karena kami tak luput dari keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman, kami yakin masih banyak kekurangan dalam hasil makalah ini, oleh karena itu kami sangat mengaharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca untuk kami perbaiki dikemudian hari.
                                                           

     Medan,  September 2019
           
Penyusun



DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR.. i
DAFTAR ISI. ii
BAB I. 1
PENDAHULUAN.. 1
A.     Latar Belakang. 1
B.     Rumusan Masalah. 1
C.     Tujuan. 1
1.      Untuk memahami Pengertian Supervisi Pendidikan Islam. 1
2.      Untuk mengetahui Supervisi Dalam Kehidupan Rasulullah Saw. 1
3.      Untuk memahami Tujuan Supervisi Pendidikan Islam. 1
4.      Untuk memahami Prinsip Supervisi Pendidikan Islam. 1
5.      Untuk memahami Fungsi Supervisi Pendidikan Islam. 1
BAB II. 2
PEMBAHASAN.. 2
A.     Pengertian Supervisi Pendidikan Islam.. 2
B.     Supervisi Dalam Sejarah Kehidupan Rasulullah. 4
C.     Tujuan Supervisi Pendidikan Islam.. 6
D.     Prinsip Supervisi Pendidikan. 9
E.     Fungsi Suprvisi Pendidikan Islam.. 12
BAB III. 13
PENUTUP.. 13
A.     Kesimpulan. 13
B.     Saran. 13
DAFTAR PUSTAKA.. 14



BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Supervisi pendidikan atau yang lebih dikenal dengan pengawasanpendidikan memiliki konsep dasar yang saling berhubungan denganpendidikan. Dalam konsep dasar supervisi pendidikan dijelaskan beberapadasar-dasar tentang konsep supervisi. Sementara proses pelaksanaansupervisi merupakan rangkaian yang dilaksanakan ketika supervisidilaksanakan dan upaya yang dilakukan oleh supervisor dalam melihat danmembina seluruh proses pelaksanaan pendidikan
Dalamperkembangannya, supervisi pendidikan memberikan pengaruh yang baikpada perkembangan pendidikan khususnya di Indonesia, terutamapendidikan Islam sehingga tingkat profesionalisme guru dalam mengajardilakukan dengan baik, baik pada madrasah maupun guru pendidikanagama pada sekolah. Oleh karena itu, supervisi diperlukan dalam prosespendidikan. Dalam Islam sendiri supervisi juga telah berjalan dimasa Rasulullah Saw hingga saat ini Islam mengatur dalam Alquran tentang supervise/pengawasan.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa Pengertian Supervisi Pendidikan Islam ?
2.      Bagaimana Supervis Dalam Kehidupan Rasulullah ?
3.      Apa Tujuan Supervisi Pendidikan Islam ?
4.      Bagaimana Prinsip Supervise Pendidikan Islam ?
5.      Apa Fungsi Supervisi Pendidikan Islam ?
C.    Tujuan
1.      Untuk memahami Pengertian Supervisi Pendidikan Islam.
2.      Untuk mengetahui Supervisi Dalam Kehidupan Rasulullah Saw.
3.      Untuk memahami Tujuan Supervisi Pendidikan Islam.
4.      Untuk memahami Prinsip Supervisi Pendidikan Islam.
5.      Untuk memahami Fungsi Supervisi Pendidikan Islam.



BAB II

PEMBAHASAN

A.    Pengertian Supervisi Pendidikan Islam
Sejatinya, istilah pendidikan sudah tidak asing lagi diperkenalkan dalam dunia pendidikan. Kemudian istilah supervisi adalah sebuah kegiatan yang mengacu kepada sebuah perbaikan dalam sebuah institusi. Banyak para pegawai yang berkecimpung dalam sebuah institusi merasa ketakutan ketika mendengar bahwa institusi yang bersangkutan akan dikunjungi oleh supervisor. Anggapan masyarakat institusi supervisor adalah orang yang diperintahkan oleh atasannya untuk membentak dan memarahi para pegawai-pegawai yang sedang aktif di institusi.
      Kata “supervisi” diadopsi dari bahasa inggris “supervision” yang berarti pengawasan/kepengawasan. Orang yang melaksanakan pekerjaan supervisi disebut supervisor.[1] Supervisi adalah sebagai bantuan dan bimbingan kepada guru dalam  bidang instruksional, belajar, dan kurikulum dalam usahanya utnuk mencapai tujuan sekolah.
      Dalam pendidikan Islam istilah supervisi yang digunakan adalah almusyarafah, yang secara kebahasaan masih seakar dengan kata syaraf yang
selalu berkaitan dengan ―kedudukan terhormat (high rank, nobility, distinction, eminence, etc). Dalam hal ini al-musyarafah dimaksudkan sebagai
pengawasan yang berasal dari kalangan orang-orang yang memiliki kedudukan terhormat.[2] Kedudukan terhormat dalam Islam, tidak selamanya berkonotasi pangkat dan jabatan atau atas dasar strata kehidupan sosial, tetapi lebih didasarkan kepada derajat keimanan dan keilmuan. Alquran menyatakan bahwa Allah meninggikan derajat orang-orang beriman dan berilmu pengetahuan diantara umat manusia lainnya sebagaimana dalam Q.S. Al Muzadallah ayat 11 :



“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis-majlis, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”

Jadi seorang supervisor (musyrif) menurut konsep ini, mestilah orang-orang yang memiliki nilai lebih yang siap menularkan dan menginternalisasikan nilai lebih tersebut kepada pihak yang disupervisi.[3] Berdasarkan definisi di atas, supervisi pendidikan Islam merupakan kegiatan supervisi pada umunya yang berkaitan dengan pendidikan Islam. Kegiatan supervisi pendidikan Islam lebih menekankan pada kegiatan pemberdayaan (muqawwun) agar seluruh komunitas dan akivitas pendidikan pada suatu lembaga pendidikan menjadi lebih berdaya dalam melaksanakan tugasnya masing-masing. pemberdayaan yang dilakukan bersifat partisipatif (musyarakah) dengan melibatkan seluruh komunitas dan akivitas pendidikan melakukan perbaikan dan perubahan ke arah yang diperkirakan menjadi lebih baik.
Supervisi dalam pendidikan Islam mengandung semangat ukhuwah, demokratis dan kebersamaan, karena sasaran supervisi bukan hanya para guru secara individual agar dapat melaksanakan keinerjanya dengan baik dan benar, tetapi juga dengan semangat ukhuwah bi al-musyarakah, antara sesame guru pun didorong untuk saling bekerjasama dalam melakukan berbagai perbaikan dalam proses belajar mengajar.


HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA : sorsir.123@gmail.com
 FAST  RESPON 
               
ATAU  KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )
DOWNLOAD  DISINI VIA GOOGLE DRIVE
DOWNLOAD  DISINI VIA MEDIAFIRE

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MAKALAH MEMAHAMI SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM"

Post a Comment