Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa)


2.      Abstrak
Evaluasi adalah peroses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu ( ketentuan, kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, objek yang lainnya) berdasarkan kriteria tertentu melalui penilaian. Untuk menentukan nilai sesuatu dengan cara membandingkan dengan kriteria, evaluator dapat langsung membangdingkan dengan kriteria umum, dapat membandingkan kriteria tertentu. Dalam pengertian lain antara evaluasi, pengukuran dan penilaian merupakan kegiatan yang bersifat hirarki. Artinya ketiga kegiatan tersebut dalam kaitannya dengan proses pembelajaran tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan dalam pelaksanaannya harus dilaksanakan secara berurutan. Evaluasi belajar dan pembelajaran adalah proses untuk menentukan nilai belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan penilaian atau pengukuran belajar dan pembelajaran. Sedangkan pengertian pengukuran dalam kegiatan pembelajaran adalah proses membandingkan tingkat keberhasilan belajar dan pembelajaran dengan ukuran keberhasilan belajar dan pembelajaran yang telah ditentukan secara kuantitatif sementara pengertian penilaian belajar dan pembelajaran adalah proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan belajar dan pembelajaran kualitatif. Fungsi evaluasi bagi siswa adalah akan mengetahui perkembangan grafik pembelajarannya, apakah ada kemajuan atau tidak, sekaligus dapat memberikan informasi kepada orang tua wali siswa mengenai penentuan kenaikan kelas atau penentuan kelulusan siswa.

3.      Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa, menetapkan keefektifan pengajaran dan rencana kegiatan, menetapkan kenaikan kelulusan siswa. Untuk mengadministrasi sekolah, mengembangkan kurukulum, mempersiapkan penelitian pendidikan seolah.

4.      Metode Penelitian
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif.

5.       Teknik Penilaian
Dengan jurnal evaluasi belajar siswa ini, sangat penting untuk diaflikasikan karena dengan adanya evaluasi belajar siswa, sangan memudahkan siswa untuk mengetahui perkembangan belajarnya, dan memudahkan para guru untuk menilai perkembangan belajar siswanya, dan bagi orang tua siswa lebih mudah mengetahui perkembangan kemampuan anaknya dalam belajar.
6.      Instrumen  
Evaluasi pada program pembelajaran membutuhkan data tentang pelaksanaan pembelajaran dan tingkat ketercapaian tujuannya, kondisi yang demikian tidak hanya terjadi pada jenjang pendidikan tinggi tetapi juga terjadi di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Keberhasilan program pembelajaran selalu dilihat dari aspek hasil belajar, sementara implementasi program pembelajaran dikelas atau kualitas proses pembelajaran itu berlangsung jarang tersentuh kegiatan penilaian.
7.      Hasil Penelitian
Evaluasi sebagai suatu kegiatan mengumpulkan data dan informasi menegenai kemampuan hasil belajar siswa, untuk menilai sudah sejauh mana program (pengembangan sistem instruksional) telah berjalan, dan juga sebagai suatu alat untuk menentukan apakah tujuan pendidikan dan proses pembelajaran dalam memgembangkan ilmu pengetahuan telah berlangsung sebagaimana mestinya.
Sedangkan fungsi eveluasi untuk membantu proses kemajuan dan perkembangan hasil peserta didik, secara berkesinambungan dan sekaligus dapat mengetahui kemampuan dan kelemahan siswa pada bidang studi tertentu, sekaligus dapat memberikan informasi kepada orang tua siswa mennegenai penetuan kenaikan kelas atau penetuan kelulusan siswa.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa)"

Post a Comment