PEMBUATAN TUTORIAL PENGENALAN ANGKA DAN HURUF DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED LEARNING (CBL)





BAB I
PENDAHULUAN




.1      Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi, yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual dan elektronik, tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya yang salah satu diantaranya melalui jaringan Internet. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan, dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri (Oetomo dan Priyogutomo, 2004), beberapa bagian unsur ini mendapatkan sentuhan media teknologi informasi, sehingga mencetuskan lahirnya ide tentang e-learning (Utomo, 2001)
Skenario mengajar dan belajar perlu disiapkan secara matang dalam sebuah kurikulum pembelajaran yang memang dirancang berbasis komputer. Mengimplementasikan pembelajaran berbasis komputer bukan berarti sekedar meletakkan materi ajar pada komputer. Selain materi ajar, skenario pembelajaran perlu disiapkan dengan matang untuk mengundang keterlibatan peserta didik secara aktif dan konstruktif dalam proses belajar mereka.
Penelitian ini dilakukan dengan membuat tutorial pengenalan angka dan huruf bagi anak-anak yang berumur 4-7 tahun sebagai awal mereka untuk mengenali angka dan huruf dasar yang dilengkapi dengan suara. Model tutorial ini untuk meningkatkan kualitas pengenalan angka dan huruf bagi anak-anak yang dapat digunakan sebagai sarana yang menunjang proses belajar guna mengundang keterlibatan peserta didik secara aktif dan konstruktif dalam proses belajar mereka.
Dalam pembuatan turotial ini tentunya ada beberapa pendekatan metode yang digunakan salah satunya yang digunakan oleh penulis adalah Computer Based Learning (CBL). Computer Based Learning (CBL) suatu sistem pembelajaran dengan menggunakan peralatan tambahan untuk dapat menggunakannya dalam hal ini yang digunakan adalah komputer. Pertama kali sistem pembelajaran eLearning ini digunakan pada pendidikan tahun 2003 dan tahun 2005 dimana juga dikenalkan sistem pembelajaran blended learning dimana menggabungkan pertemuan kelas dan pertemuan melalui internet dengan menggunakan media laptop. Setelah itu baru dikenal adanya dua sistem learning. Computer-based Learning, disini lebih ditekankan pada komputer sebagai alat utama untuk mengakses. Computer-based Learning, disini penggunaan alat lain disamping komputer seperti PDA, Iphone, iPod dan barang elektronik lainnya yang mampu untuk mengakses dan membaca materi eLearning. Computer-supported collaborative learning, adalah inovasi terbaru dalam sistem pembelajaran eLearning dan lebih dikenal dengan E-Learning 2.0 dimana menekankan bahwa informasi dapat diakses secara bebas dan dapat dibagi dengan pengguna lainnya.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis mengangkat judul skripsi yaitu : “PEMBUATAN TUTORIAL PENGENALAN ANGKA DAN HURUF DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED LEARNING (CBL)”.

.2      Perumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.      Bagaimana merancang tutorial pengenalan angka dan huruf model Computer Based Learning (CBL)?
2.      Bagaimana anak-anak dapat mengenal bentuk angka dan huruf?

.3      Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.      Jenis angka yang dapat dikenali adalah 0-9.
2.      Umur anak-anak yang dimaksudkan pada penelitian ini adalah 4-7 tahun.
3.      Huruf yang digunakan sebagai bahan pembelajaran adalah huruf a-z dan A-Z.
4.      Pengenalan huruf dan angka tersebut merupakan pembelajaran yang dilengkapi dengan suara.

.4      Tujuan dan Manfaat
Adapun yang menjadi tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah :
Tujuan :
1.      Untuk membuat perangkat lunak tutorial pengenalan huruf dan angka dilengkapi dengan suara.
2.      Untuk memberikan kemudahan bagi anak-anak mempelajari bentuk-bentuk huruf dan angka.
Manfaat :
1.      Mempermudah memperkenalkan bentuk huruf a – z dan A-Z serta angka 0-9 bagi anak-anak.
2.      Mempercepat pengenalan angka dan huruf bagi anak-anak.

.5      Metode Penelitian
Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah :
1.       Studi Pustaka
Yaitu mempelajari buku-buku, jurnal, dan bahan materi yang berkaitan dengan pembahasan untuk mendukung penelitian ini.
2.       Analisa dan Perancangan
a.       Analisa
Menganalisa bagaimana cara penerapan CBL dan menganalisa cara kerja CBL dalam mengenali huruf dan angka.
b.      Perancangan
Berupa prosedur dengan dasar pembuatannya mengacu pada langkah-langkah yang ada dalam landasan teori.
c.       Pembuatan Program
Mendesain interface pada program yang akan dibuat pada aplikasi pengenalan angka.
d.      Pengujian
Pengujian dilakukan dengan mencoba aplikasi pengenalan angka yang telah dibuat. Apabila terjadi kesalahan atau kekurangan dalam aplikasi tersebut, maka akan dilakukan pemograman ulang.

.6      Sistematika Penulisan
BAB    I     PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan mengenai latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat, metode penelitian, dan sistematika  penulisan
BAB    II   LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan mengenai teori-teori pendukung yang berkaitan dengan pembahasan dalam skripsi ini.
BAB    III ANALISA DAN PERANCANGAN
Berisi mengenai analisa pengenalan huruf dan angka dengan menggunakan metode CBL dan merancang aplikasi yang akan digunakan.
BAB    IV ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Menjelaskan bagaimana algoritma dan implementasi berdasarkan aplikasi yang dibangun.
BAB    V   KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini menjelaskan bagaimana kesimpulan dan saran dari penelitian ini.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "PEMBUATAN TUTORIAL PENGENALAN ANGKA DAN HURUF DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED LEARNING (CBL)"