BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Dalam
proses belajar mengajar ada dua unsur penting dalam proses tersebut, yaitu
metode pengajaran dan media pembelajarannya. Media pembelajaran adalah alat
bantu yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, untuk menyampaikan isi
pembelajaran dari pengajar kepada peserta didik. Pembelajaran adalah proses
interaksi peserta didik dengan pengajar dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran
merupakan bantuan yang di berikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan
ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap
dan kepercayaan pada peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Perkembangan
teknologi masa kini, komputer merupakan suatu peralatan yang canggih dan dapat
dimanfaatkan diantaranya dalam masalah pendidikan dan pembelajaran. Dengan
memanfaatkan kelebihan-kelebihan komputer, maka komputer dapat dijadikan
sebagai media dan sumber belajar dalam bidang studi tertentu disamping media
yang lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya media alat bantu yang digunakan
untuk proses belajar mengajar. CBI (Computer Based
Instruction) adalah sebuah pembelajaran terprogram
yang menggunakan komputer sebagai sarana utama atau alat bantu yang mengkomunikasikan
materi kepada siswa. Media
pembelajaran yang dikemas dalam program komputer ini bertujuan agar proses
belajar mengajar dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
Tenses adalah bentuk kata kerja yang menunjukkan perubahan waktu, kapan
suatu peristiwa, berita, pernyataan, tindakan, terjadi dalam suatu kalimat sekarang,
lampau ataupun akan datang. Dalam tenses
ada empat kelompok yang membentuk 16 bentuk waktu dalam bahasa inggris
(setiawan, 2011: 5). Tenses
merupakan salah satu dasar dalam mempelajari bahasa Inggris. Sebab itu untuk
dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat dimengerti dengan yang lain, maka
bahasa yang digunakan harus sesuai dengan aturan- aturan yang telah ditentukan,
dimana aturan tersebut harus disesuaikan dengan kuran waktu yakni tenses. Penguasaan tenses merupakan sesuatu yang tidak boleh diabaikan karena hal
tersebut merupakan kunci menuju percakapan yang lebih sempurna. Tetapi dalam
kenyataannya masih banyak yang mengalami kesulitan dalam penyusunan struktur
kalimat maupun dalam pemahaman bahasa.
Dalam kegiatan belajar mengajar, tenses merupakan faktor
penting untuk pembelajaran bahasa inggris, namun proses pembelajaran selama ini masih cenderung menggunakan metode
konvensional yaitu pendidik memberikan pelajaran secara menulis dan menerangkan
kepada peserta didik, sehingga banyak peserta
didik cenderung merasa bosan hanya karena menerima pembelajaran yang bersifat
monoton, kurang maksimal dikarenakan suasana yang kurang kondusif, biaya dan waktu yang terbatas.
Berdasarkan keterangan tersebut,
dibuatlah aplikasi untuk memberikan pemahaman materi tenses dan contoh-contohnya kepada peserta didik dengan tampilan yang menarik, bisa memahaminya dengan sangat
mudah dan dapat mendorong peserta didik menyukai pembelajaran tentang tenses.
maka dalam pembuatan aplikasi ini, penulis
menuangkannya dalam skripsi dengan judul “APLIKASI PEMBELAJARAN TENSES MENGGUNAKAN METODE CBI (COMPUTER
BASED
INSTRUCTION )”.
1.2
Perumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di
atas maka perumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana menyajikan materi pembelajaran tenses lebih mudah dipelajari ?
2.
Bagaimana menerapkan
metode CBI (Computer Based Instruction ) untuk pembelajaran tenses ?
3.
Bagaimana
merancang Aplikasi Pembelajaran tenses
Menggunakan Metode Computer Basds
Instruction Dengan
Menggunakan Adobe
Flash CS 3 ?
1.3
Batasan Masalah
Adapun yang menjadi batasan
masalah adalah sebagai berikut :
1. Pembelajaran Tenses dengan menggunakan metode CBI model tutorial, praktek (drill and practice), simulasi (simulation), permainan (games).
2. Animasi yang dibuat hanya sebuah animasi
sederhana dan mudah dipahami dengan tampilan tulisan dan suara toolsnya adalah Adobe Flash Cs3.
3. Pembelajaran hanya membahas dasar –dasar 16
tenses.
4. Games dibatasi hanya 5 soal dan
score bersifat sementara.
1.4
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari
penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.
Menjelaskan teknik penyajian materi pembelajaran tenses
untuk memberikan kemudahan untuk pemula yang mudah dan menarik sehingga dapat
meningkat gairah belajar.
2.
Menerapkan
Metode CBI (Computer Based
Instruction) dalam
pembelajaran tenses berbasis komputer
untuk mengantikan peran guru agar mempermudah pengajar dalam menyampaikan
materi pembelajaran tenses.
3.
Merancang
aplikasi pembelajaran tenses, serta mengetahui cara kerja CBI (Computer
Based
Instruction) dengan model
tutorial, Praktek, simulasi, permainan dengan tool Adobe flash
Cs3.
Adapun yang menjadi Manfaat
penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.
Program
aplikasi yang dibuat
bisa belajar dimana saja dan kapan saja karena lebih praktis.
2.
Dapat
mempermudah dalam mempelajari Tenses
tidak hanya siswa tetapi bisa di
terapkan di masyarakat luas nantinya.
1.5
Metode Penelitian
Untuk menyelesaikan masalah
yang ada, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui :
1.
Tahap Studi Literatur
Pada tahap ini dilakukan pengumpulan data–data yang diperlukan dengan
mempelajari dan menyeleksi buku, jurnal, makalah dan beberapa situs yang
berhubungan dengan penulisan skripsi ini.
2.
Tahap Perancangan Aplikasi
Pada tahap ini dilakukan
perancangan user interface terhadap
perangkat lunak yang akan di bangun.
3.
Tahap Pengujian
Program
Pada tahap ini di lakukan
pengujian terhadap program aplikasi yang
akan di buat.
4.
Tahap Dokumentasi
Pada tahap ini akan disusun
laporan skripsi secara lengkap dengan proses perancangan aplikasi.
1.6
Sistematika Penulisan
Dalam penulisan Skripsi ini,
penulis membaginya menjadi 5 bab yang terdiri dari :
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini diuraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah,
batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, sistematika
penulisan.
BAB II : LANDASAN
TEORITIS
Bab ini menerangkan
tentang pembelajaran berbantuan Komputer yaitu Computer Based Instruction, penjelasan
tentang pengertian Aplikasi dan Pembelajaran, konsep-konsep Adobe Flash Cs3,
dan penjelasan mengenai dasar 16 Tenses.
BAB III : ANALISA
DAN PERANCANGAN
Pada bab mengemukakan
tentang analisa perangkat lunak yang akan dirancang seperti bentuk perancangan input dan output yang digunakan dalam penelitian ini.
BAB IV : ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Pada bab ini mengemukakan tentang implementasi perangkat lunak yang telah dirancang dan
akan menampilkan output atau tampilan setiap halamannya.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada
bab ini mengemukakan tentang berisi simpulan penelitian dan saran
dari peneliti sebagai perbaikan di masa yang akan datang.
0 Response to "APLIKASI PEMBELAJARAN TENSES MENGGUNAKAN METODE CBI (COMPUTER BASED INSTRUCTION )"
Post a Comment