BAB
I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Fungsi pendidikan harus
betul-betul diperhatikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan
nasional sebab tujuan berfungsi sebagai pemberi arah yang jelas
terhadap kegiatan penyelenggaraan pendidikan sehingga penyelenggaraan
pendidikan harus diarahkan kepada 1) Pendidikan diselenggarakan
secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan
menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural,
dan kemajemukan bangsa, 2) Pendidikan diselenggarakan sebagai satu
kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multimakna, 3)
Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan
pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat, 4)
Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun
kemauan, serta mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses
maupun kegiatan pembelajaran, 5) Pendidikan diselenggarakan dengan
mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap
warga masyarakat dan 6) Pendidikan diselenggarakan dengan
memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam
penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.
Berdasarkan uraian diatas, maka
kinerja guru harus selalu ditingkatkan mengingat tantangan dunia
pendidikan untuk menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang mampu
bersaing di era global semakin ketat. Kinerja guru (performance)
merupakan hasil yang dicapai oleh guru dalam melaksanakan tugas-tugas
yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman
dan kesungguhan serta penggunaan waktu. Upaya-upaya untuk
meningkatkan kinerja itu biasanya dilakukan Oleh sebab itu, guru
sebagai figur sentral, harus mampu menetapkan strategi pembelajaran
yang tepat sehingga dapat mendorong terjadinya perbuatan siswa yang
aktif, kreatif, dan efisien.
- Rumusan Masalah
- Bagaimana peran guru dalam meningkatkan manajemen pendidikan disekolah
- Bagaimana peran guru menciptakan pembelajaran yang aktif, kereatif dan menyenangkan
BAB
II
PEMBAHASAN
- Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan
Pembelajaran
penuh makna sesuai kebutuhan dan minat peserta didik, dan sedekat
mungkin dihubungkan dengan kenyataan dan kegunaannya dalam kehidupan,
- Pengalaman Mengenai Pembelajaran
Selama
ini pembelajaran yang berlangsung disekolah cenderung menunjukkan 1)
Guru lebih banyak ceramah, 2) Media belum dimanfaatkan, 3)
Pengelolaan belajar cenderung klasikal dan kegiatan belajar kurang
bervariasi, 4) Tuntutan guru terhadap hasil belajar dan produktifitas
rendah, 5) Tidak ada pajangan hasil karya peserta didik, 6) Guru dan
buku sebagai sumber belajar, 7) Penilaian hanya berupa tes, 8) Semua
peserta didik dianggap sama, 9) Tugas–tugas kurang menantang.
Pendekatan yang mungkin dapat dilakukan guru agar pembelajaran dapat
lebih efektif antara lain :
- Pembelajaran peserta didik adalah suatu proses untuk memperoleh informasi baru.
- Strategi mengajar dipilh sebaiknya yang paling bagus agar dapat membantu peserta didik dalam memperoses kegiatan belajarnya atau mengerjakan tugas agar pembelajaran benar – benar terjadi
- Proses adalah bagian terpenting dari pelajaran
Pengelolaan
administrasi guru dan peserta didik dilakukan oleh
- Guru berkewajiban mengisi daftar hadir peserta didik dan guru
- Guru membuat catatan – catatan tentang kejadian dikelas berdasarkan format yang telah disediakan
- Guru mengisi laporan kemajuan belajar peserta didik, absensi peserta didik, keterlambatan peserta didik dan membuat rekapan sesuai format yang disediakan
- Guru membuat laporan terhadap hal – hal khusus yang memerlukan penanganan kepada penanggung jawab akademik dan
- Guru membuat jadwal topik/materi yang diajarkan kepada peserta didik
Hasil belajar akan dinilai oleh
guru dengan cara
- Penilaian dilakukan untuk mengukur proses dan produk hasil pembelajaran
- Penilaian proses dilakukan setiap saat untuk menilai kemajuan belajar peserta didik, sedangkan penilaian produk/hasil belajar dilakukan melalui ulangan harian, mid semester maupun ulangan semester
- Penilaian meliputi kognitif, praktik dan sikap yang disesuaikan dengan peraturan yang telah ditetapkan serta mengacu pada karakteristik mata pelajaran
Agar
proses belajar mengajar disekolah dapat terselenggara dengan baik,
maka setiap unsur harus memiliki sikap disiplin yang tinggi dan
komitmen yang kuat untuk melakukan tugas yang menjadi tanggung
jawabnya. Sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan sesuai
dengan rencana, tidak terhenti begitu saja.guru tidak seharusnya
memaksa peserta didik yang agak lamban dalam belajar agar serta merta
mengikuti proses pembelajaran disekolahnya. Guru juga jangan
menghambat peserta didik genius untuk berhenti menunggu teman –
teman mereka yang pasif. Dalam hal ini guru harus mengetahui benar
kemampuan peserta didik yang berbeda. Guru semestinya memiliki
catatan atau bentuk administrasi yang menyangkut tentang peserta
didiknya.dibidang personel, guru mesti memahami bahwa selain guru dan
peserta didik masih ada unsur personel lain yang dapat memengaruhi
kelancaran upaya proses belajar mengajar, antara lain kepala sekolah,
karyawan administrasi, pesuruh/petugas penjaga sekolah atau cleaning
service dan petugas lainnya. Kegiatan pembelajaran akan terganggu
atau bahkan mungkin terhenti walaupun guru dan peserta didik rajin,
disiplin, jika petugas penjaga sekolah sering tidak tepat waktu
mmbuka ruangan untuk belajar maka hasilnya akan tidak baik.
Betapapun
sempurnanya rumusan materi kurikulum, tertib dan disiplinnya guru dan
murid termasuk kepala sekolah dll. Jika tidak disediakan sarana
prasarana yang memdai untuk kegiatan pembelajaran tersebut niscaya
akan mengalami persoalan berat tersendiri. Ruang kelas yang memadai,
luas ukurannya cukup, mungkin full ac, ventilasi yang cukup sehingga
dapat dikategorikan ruang yang sehat, dan peralatan pembelajaran lain
seperti laboratorium yang relatif lengkap, overhead projector,
alat-alat tulis yang memadai dan peralatan mutakhir dan canggih dll.
ATAU KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )
HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA : sorsir.123@gmail.com
FAST RESPON
ATAU KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )
DOWNLOAD DISINI VIA
MEDIAFIRE
0 Response to "Makalah Pembelajaran Peserta Didik Aktif Dan Bermakna"
Post a Comment