Makalah Pembelajaran Peserta Didik Aktif Dan Bermakna

Hasil gambar untuk Pembelajaran Peserta Didik Aktif Dan Bermakna





BAB I
PENDAHULUAN

    1. Latar Belakang
Fungsi pendidikan harus betul-betul diperhatikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional sebab tujuan berfungsi sebagai pemberi arah yang jelas terhadap kegiatan penyelenggaraan pendidikan sehingga penyelenggaraan pendidikan harus diarahkan kepada 1) Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa, 2) Pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multimakna, 3) Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat, 4) Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, serta mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses maupun kegiatan pembelajaran, 5) Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat dan 6) Pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.
Berdasarkan uraian diatas, maka kinerja guru harus selalu ditingkatkan mengingat tantangan dunia pendidikan untuk menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing di era global semakin ketat. Kinerja guru (performance) merupakan hasil yang dicapai oleh guru dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta penggunaan waktu. Upaya-upaya untuk meningkatkan kinerja itu biasanya dilakukan Oleh sebab itu, guru sebagai figur sentral, harus mampu menetapkan strategi pembelajaran yang tepat sehingga dapat mendorong terjadinya perbuatan siswa yang aktif, kreatif, dan efisien.

    1. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana peran guru dalam meningkatkan manajemen pendidikan disekolah
  2. Bagaimana peran guru menciptakan pembelajaran yang aktif, kereatif dan menyenangkan



BAB II
PEMBAHASAN

  1. Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan
Pembelajaran penuh makna sesuai kebutuhan dan minat peserta didik, dan sedekat mungkin dihubungkan dengan kenyataan dan kegunaannya dalam kehidupan,
  1. Pengalaman Mengenai Pembelajaran
Selama ini pembelajaran yang berlangsung disekolah cenderung menunjukkan 1) Guru lebih banyak ceramah, 2) Media belum dimanfaatkan, 3) Pengelolaan belajar cenderung klasikal dan kegiatan belajar kurang bervariasi, 4) Tuntutan guru terhadap hasil belajar dan produktifitas rendah, 5) Tidak ada pajangan hasil karya peserta didik, 6) Guru dan buku sebagai sumber belajar, 7) Penilaian hanya berupa tes, 8) Semua peserta didik dianggap sama, 9) Tugas–tugas kurang menantang. Pendekatan yang mungkin dapat dilakukan guru agar pembelajaran dapat lebih efektif antara lain :
  1. Pembelajaran peserta didik adalah suatu proses untuk memperoleh informasi baru.
  2. Strategi mengajar dipilh sebaiknya yang paling bagus agar dapat membantu peserta didik dalam memperoses kegiatan belajarnya atau mengerjakan tugas agar pembelajaran benar – benar terjadi
  3. Proses adalah bagian terpenting dari pelajaran
Pengelolaan administrasi guru dan peserta didik dilakukan oleh
  1. Guru berkewajiban mengisi daftar hadir peserta didik dan guru
  2. Guru membuat catatan – catatan tentang kejadian dikelas berdasarkan format yang telah disediakan
  3. Guru mengisi laporan kemajuan belajar peserta didik, absensi peserta didik, keterlambatan peserta didik dan membuat rekapan sesuai format yang disediakan
  4. Guru membuat laporan terhadap hal – hal khusus yang memerlukan penanganan kepada penanggung jawab akademik dan
  5. Guru membuat jadwal topik/materi yang diajarkan kepada peserta didik
Hasil belajar akan dinilai oleh guru dengan cara
  1. Penilaian dilakukan untuk mengukur proses dan produk hasil pembelajaran
  2. Penilaian proses dilakukan setiap saat untuk menilai kemajuan belajar peserta didik, sedangkan penilaian produk/hasil belajar dilakukan melalui ulangan harian, mid semester maupun ulangan semester
  3. Penilaian meliputi kognitif, praktik dan sikap yang disesuaikan dengan peraturan yang telah ditetapkan serta mengacu pada karakteristik mata pelajaran
Agar proses belajar mengajar disekolah dapat terselenggara dengan baik, maka setiap unsur harus memiliki sikap disiplin yang tinggi dan komitmen yang kuat untuk melakukan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan sesuai dengan rencana, tidak terhenti begitu saja.guru tidak seharusnya memaksa peserta didik yang agak lamban dalam belajar agar serta merta mengikuti proses pembelajaran disekolahnya. Guru juga jangan menghambat peserta didik genius untuk berhenti menunggu teman – teman mereka yang pasif. Dalam hal ini guru harus mengetahui benar kemampuan peserta didik yang berbeda. Guru semestinya memiliki catatan atau bentuk administrasi yang menyangkut tentang peserta didiknya.dibidang personel, guru mesti memahami bahwa selain guru dan peserta didik masih ada unsur personel lain yang dapat memengaruhi kelancaran upaya proses belajar mengajar, antara lain kepala sekolah, karyawan administrasi, pesuruh/petugas penjaga sekolah atau cleaning service dan petugas lainnya. Kegiatan pembelajaran akan terganggu atau bahkan mungkin terhenti walaupun guru dan peserta didik rajin, disiplin, jika petugas penjaga sekolah sering tidak tepat waktu mmbuka ruangan untuk belajar maka hasilnya akan tidak baik.
Betapapun sempurnanya rumusan materi kurikulum, tertib dan disiplinnya guru dan murid termasuk kepala sekolah dll. Jika tidak disediakan sarana prasarana yang memdai untuk kegiatan pembelajaran tersebut niscaya akan mengalami persoalan berat tersendiri. Ruang kelas yang memadai, luas ukurannya cukup, mungkin full ac, ventilasi yang cukup sehingga dapat dikategorikan ruang yang sehat, dan peralatan pembelajaran lain seperti laboratorium yang relatif lengkap, overhead projector, alat-alat tulis yang memadai dan peralatan mutakhir dan canggih dll.


HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA : sorsir.123@gmail.com
 FAST  RESPON 
               
ATAU  KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )

 DOWNLOAD DISINI VIA MEDIAFIRE

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Pembelajaran Peserta Didik Aktif Dan Bermakna"

Post a Comment