PERAWATAN KAKI DIABETIK





1.      PENGENALAN DIABETES MELITUS
Diabetes Melitus atau penyakit kencing manis adalah penyakit menahun (kronis), yang ditandai oleh kadar glukosa (gula) di dalam darah tinggi. Kadar glkosa darah yang normal pada waktu puasa tidak melebihi 100 mg/dl dan 2 jam sesudah makan kurang dari 140 mg/dl. Kadar glukosa darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan timbulya gejala-gejala seperti : sering kencing, rasa haus dan rasa lapar yang berlebihan, sering mengalami infeksi, letih lesu, berat badan menurun, dll.
Namun dapat pula terjadi pada beberapa penderita DM yang tidak merasakan gejala-gejala tersebut diatas dan penyakitnya ditemukan secara kebetulan, misalnya pada waktu pemeriksaan kesehatan rutin.Apabila pada seseorang penderita kencing manis kadar glukosa darahnya tinggi dalam jangka waktu yang lama, maka akan timbul komplikasi menahun (kronis yang mengenai mata menyebabkan gangguan penglihatan bila mengenai sistem syaraf akan menyebabkan gangguan rasa dan gangguan bila mengenai ginjal menyebabkan gangguan fungsi ginjal).      
Adapun gambaran luka padapenderita kencing manis dapat berupa: demopati (kelainan kulit berupa bercak-bercak bitam di daerah tulang kering), selulitis (peradangan dan infeksi kulit), nekrobiosisi lipiodika diabetik (berupa luka oval, kronik, tepi keputihan), osteomielitis (infeksi pada tulang) dan gangren (lika kehitaman dan berbau busuk). 

2.      TERJADINYA LUKA DIABETIK
            Ada beberapa yang mempengaruhi :
Ä  Neuropati diabetik.
Adalah kelainan urat saraf akibat DM karena tinggi kadar dalam darah yang bisa merusak urat saraf penderita dan menyebabkan hilang atau menurunnya rasa nyeri pada kaki, sehingga apabila penderita mengalami trauma kadang-kadang tidak terasa.
Gejala-gejala Neuropati : Kesemitan, rasa panas (wedangan : bahasa jawa), rasa tebal ditelapak kaki, kram, badan sakit semua terutama malam hari.
Ä  Angiopati Diabetik (Penyempitan pembuluh darah)
Pembuluh darah besar atau kecil pada penderita DM mudah menyempit dan tersumbat oleh gumpalan darah. Apabila sumbatan terjadi di pembuluh darah sedang/ besar pada tungkai maka tungkai akan mudah mengalami gangren diabetik yaitu luka pada kaki yang merah kehitaman dan berbau busuk. Adapun angiopati menyebabkan asupan nutrisi, oksigen serta antibiotik terganggu sehingga menyebabkan kulit sulit sembuh.
Ä  Infeksi
Infeksi sering merupakan komplikasi akibat berkurangnya aliran listrik (neoropati) 

3.      PERAWATAN KAKI DIABETIK
            Salah satu komplikasi DM(kencing manis) adalah pada kaki.kaki merupakan salah satu organ tubuh yang sering di serang oleh penyakit Diabetes.penderita diabetes lebih sering mengalami ganggren kaki.
            Perawatan kaki DM  merupakan tindakan keperawatan yang dikakukan untuk membantu percepatan penyembuhan luka.prinsip mrawat luka kaki DM dibutuhkan sterilitas.bahan yang di gunakan disesuaikan dengan kondisi luka.berikut akan di uraikan perawatan luka secara umum.


ALAT DAN BAHAN

  1. Pinset Anatomi
  2. Pinset Cerrughis
  3. Gunting
  4. Sarung Tangan
  5. Kasa
  6. Gunting Perban
  7. Bengkok/Nierbeken
  8. Cairan Na Cl,05



PROSEDUR KERJA
  1. Cuci tangan
  2. Gunakan sarung tangan steril
  3. Balutan di buka dengan menggunakan pinset
  4. Lakukan pembersihan luka,
Gunakan kasa steril yang di pegang dengan pinset,celupkan kedalam larutan Na Cl 0,5% Kemudian bersihkan luka samapai bersih
Gunakan gunting, pinset untuk mengluarkan sebanyak mungkin nekrotik dan membuka Jalur-jalur nanah agar drainase baik
  1. Lakukan pembalutan pada daerah luka
  2. Lepas sarung tangan
  3. Cuci tangan

Tujuan perawatan kaki DM adalah mencegah luka lebih dalam pada kaki DM, mengangkat jaringan nekrotik yang mungkin menyebabkan luka makin parah, mencegah infeksi lebih dalam

Komplikasi yang terjadi jika perawatan kaki DM tidak dilakukan asiomelitis. Asiomelitis dapat terjadi karena infeksi dapat tembus ke bagian tulang. Proses yang sama dapat mengenai sendi-sendi tarsal dan memberikan deformitas (salah bentuk) yang khas dan dikenali sebagai charrot arthropathy. Hal-hal tersebut yang lebih memudahkan terjadinya ganggren

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERAWATAN KAKI DIABETIK"

Post a Comment