Leadership Characteristic of the Gifted and Talented Student: Implication on Islamic Youth Leadership


1.    IDENTITAS JURNAL

Nama Penulis        :Rorlinda Yusof, Ph.D., Lecturer, Pusat PERMATA pintar NegaraUniversiti Kebangsaan Malaysia, 43600 BANGI, Selangor, Malaysia, email: rorlinda@ukm.edu.my.
            Judul                     :Leadership Characteristic of the Gifted and  Talented 
                                          Student:  Implication on Islamic Youth Leadership
Penerbit                :Lecturer, Pusat PERMATA pintar Negara, Universiti Kebangsaan Malaysia
            Tahun Terbit         : 2014
             Volume                : 6

2.      Abstrak
     Kepemimpinan adalah kerakteristik penting yang memungkinkan siswa berbakat untuk memikul tanggung jawab dala waktu dekat, penelitian ini bertujuan untuk memeriksa level kepemimpinandan mengidentifikasi kepemimpinan. Profil karakteristik diantara GTS sebanyak 171 siswa 93 dari SMA. Penelitian ini menggunakan desain surveicross sectional dan data dikumpulkan  menggunakan konsioner yaitu konsione karakteristik kepemimipinan siswa. Data menunjukkan skor kepemimpinan tinggi diikuti oleh kepemimpinan perilaku, pengarur kompetensi, spiritual etika, hubungan kerja, transformasi dan dan kohesi. Kemajuan kepemimpinan visioner berada diantara rata-rata tinggi dan pemantauan diri adalah rata-rata terendah. Temuan juga ditunjukkan bahwa siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki.   Ras seperti piunjab dan bumiputra sabah dan serawak memiliki skor lebih tinggi dibandingkan dengan orang Cina dan Melayu, sedangkan orang India mencetak skor terendah. Terakhir siswa dari program pendidikan berbakat Sekolah Menengah memiliki karakteristik kepemimpinan yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dari program University. Penelitian tersebut membuktikan karakteristik kepemimpinan itu tertanam dalam kepribadian GTS. Temuan penelitian ini memberikan dasar fundamental untuk menggunakan dalam program pendidikan pendidikan kepemimpinan masa depan untuk siswa berbakat dan program pengembangan karakter kepemimpinan untuk pemuda Islam dalam konteks sekolah setempat.

3.      Tujuan
    Kajian ini bertujuan untuk mengesan ciri-ciri atau potensi bakat kepimpinan dalam diri PPB. Satu profil kepemimpinan PPB akan dibina untuk mengenalpasti ciri-ciri dan tahap kepimpinan dalam kalangan PPB. Objektif kajian ini akan dijawab menerusi persoalan kajian.
4.      Metode Penelitian
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif.

5.      Hasil Penelitian
    Secara keseluruhan dapatan kajian menunjukkan pelajar pintar dan berbakat (PPB) di Pusat PERMATA pintar Negara Universiti Kebangsaan Malaysia mempunyai tahap kepimpinan yang tinggi. Daripada empat belas ciri yang dikaji, tiga belas daripadanya memperoleh skor min yang tinggi dan sederhana tinggi (3.8 hingga 4.44) dan hanya satu ciri yang memperoleh skor min sederhana. Dapatan ini sejajar dengan pandangan Addison (1985) yang menyatakan kepimpinan adalah bidang potensi yang telah ditentukan dalam mendefinisi pelajar pintar dan berbakat. PPB didapati menonjol pada ciri pemuafakatan, tingkah laku kepimpinan, kecekapan mempengaruhi, etika penghayatan kerohanian, kemahiran hubungan kerja, transformasional, dan kesepaduan. Ciri-ciri ini merupakan kekuatan ciri kepimpinan yang tertanam dalam diri PPB. Penentuan potensi ini dapat membantu PPB menyedari akan kepentingan peranan kepimpinan mereka dalam bidang yang bakal dipilih. Keupayaan menyedari potensi diri boleh menyubur dan membangunkan bakat kepimpinan yang kemudiannya mampu mempengaruhi individu atau kumpulan lain untuk mencapai matlamat yang ditentukan. Pendapat ini menyokong pandangan (Roberts  2013) yang menyatakan kepimpinan adalah suatu kemestian bagi PPB kerana mereka menjadi role model kepada pelajar lain dalam persekitarannya.  Namun, apabila dilihat pada aspek ciri kepimpinan mengikut bangsa, dapatan menunjukkan pelajar berbangsa Cina, Panjabi, dan Bumiputera Borneo memperoleh skor yang lebih tinggi pada kebanyakan ciri kepimpinan yang dikaji, berbanding pelajar bangsa Melayu. Meskipun perbezaan skor adalah kecil, namun pelajar berbangsa Melayu yang rata-ratanya beragama Islam didapati kurang menonjol pada kebanyakan ciri-ciri kepimpinan berbanding kaum-kaum lain. Misalnya pada ciri sifat motivasi untuk memimpin dan kecekapan mempengaruhi, pelajar Melayu  menduduki tempat keempat atau terakhir berbanding bangsa – bangsa lainnya.

6.      Kelebihan dan Kekurangan
    Adapun Kelebihan dari jurnal tersebut adalah kita sebagai menusia dapat mengetahui potensi atau bakat para siswa sekoloh menengah dan maha siswa University.
   Adapun kekurangan jurnal ini adalah jurnalnya sangat susah dipahami kita sebagai pembaca atau yang mengkritik harus betul – betul diteliti.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Leadership Characteristic of the Gifted and Talented Student: Implication on Islamic Youth Leadership"

Post a Comment