ASKEP DENGAN GANGGUAN SISTEM NEUROLOGI : STROKE HEMORRAGIC




BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Stroke dapat di defenisikan sebagai defenisi neurologi yang mempunyai awitan mendadak dan berlangsung 24 jam sebagai akibat dari CVD. Hampir sekitar tiga perempat stroke diakibatkan oleh observasi vaskuler (tromli atau emboli), mengakibatkan non haemorhagic dan infark (keperawatan krisis, canolign M hudak, RN,PHD).
Stoke termasuk penyakit kardiovaskuler yang mempengaruhi peredaran darah ke otak. Apabila terjadi stroke, maka bagian tertentu dari otak tidak mendapatkan aliran darah atau oksigen. Lambat laun bagian otak akan menjadi mactive atau mati. Akibatnya bagian tubuh yang di kontrol oleh bagian otak tersebut tidak dapat bekerja secara baik atau ikut menjadi mactive.
Insiden sroke secara nasional di perkirakan adalah 750.000 pertahun, dengan 200.00 merupakan stoke non haemorhagic. Empat juta orang America mengalami defisif nenologik akibat stoke, dan pertiga dari defisit ini bersifat sedang sampai parah (Nasional Stroke Assocation, 2001). Kemungkinan meninggal akibat stroke inisial adalah 30% sampai 35% dan kemungkinan kecacatan mayor pada yang selamat adalah 35% sampai 45% sampai tahun2001, laporan tentang insiden stroke hanya mencakup stroke simtomatik, walaupun stroke ”silent” diperkirakan 5 sampai 20 kali lebih sering terjadi, menurut para penelitian di Universitas of California di Los Angeles.
Secara praktis, serangan stroke ini dapat di bagi dua. Pertama haemorhagic stroke yang di sebabkan adanya penghambatan di pembuluh darah sehingga darah tidak dapat mengalir ke otak. Penghambatan ini terjadi akibat adanya timbulan lemak di pembuluh darah sehingga pembuluh menyempit. Hampir sebahagian besar pasien atau sebesar 83% mengalami stroke jenis ini. Kedua, hemoragic stoke yang disebabkan pembuluh darah melemah dan kemudian pecah sehingga darah mengumpul di daerah otak tersebut. Hampir 70% kasus hemorhagic srtoke terjadi pada penderita hipertensi.
Data yang didapat dari Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan,  penderita stroke yang datang berobat selama tahun 2007 sebanyak 83 orang, khusus di Ruang Rindu A 4 dari bulan januari sampai Februari ini penderita stroke yang dirawat ada 18 orang.
Sroke merupakan persoalan yang serius yang dampaknya yang tak ringan. Dampak penyakit ini bervariasi tergantung pasien lokasi penghambatan dan seberapa banyak jaringan otak yang terpengaruhi. Kerusakan yang parah biasa menimbulkan gangguan dan penglihatan, bicara, bahasa.
Menurut dr. Sutarto Pd, SPS, dokter spesialis saraf dan konsultan neorologi RSPAD Gatot Subroto dalam suatu media, penderita stroke masih dapat sembuh secara sempurna asalkan di tangani dalam jangka 6 jam atau kurang dari itu. Namun, bila bila lewat dari waktu tersebut tindakan yang perlu di lakukan adalah pemulihan. Tindakan pemulihan ini penting untuk mengurangi komplikasi akibat stroke dan berupaya mengembalikan keadaan penderita kembali normal seperti sebelum serangan stroke.
Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk mengangkat kasus ”Stroke Hemorhagic” sebagai tugas kelompok dengan tujuan memberikan asuhan keperawatan kepada penderita stroke pada pasien Tn.H, sehingga pasien dapat memperoleh pertolongan, sekaligus menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dalam mengurangi angka kejadian stroke di Indonesia.

1.2   Tujuan
1.2.1. Tujuan umum
 Memberikan Asuhan Keperawatan pada klien yang mengalami Gangguan Sistem Neurologi :  Stroke Hemorhagic di RUSP H.Adam Malik Medan.
1.2.2. Tujuan Khusus
  1. Untuk mengetahui defenisi stroke haemoragik
  2. Untuk mengetahui etiologi stroke haemoragik
  3. Untuk mengetahui manisfestasi klinis stroke haemoragik
  4. Untuk mengetahui komplikasi stroke haemoragik
  5. Untuk mengetahui penatalaksanaan stroke haemoragik




BAB II
LANDASAN TEORITIS

2.1    Landasan Teoritis Medis
2.1.1        Definisi
Stroke adalah disfungsi neurology akut yang disebabkan oleh gangguan aliran darah timbul secara mendadak dengan tanda dan gejala sesuai dengan daerah fokal pada otak yang terganggu (WHO, 1989).
Stroke adalah gangguan fungsional otak berupa kelumpuhan saraf atau defisit neuroligik akibat gangguan aliran darah pada saraf pada satu bagian otak (Iskandar, Junaidi, 2006).
Stroke merupakan dimana pembuluh darah pecah sehungga aliran darah menjadi tidak normal dan darah yang keluar merembes masuk kedalam suattu daerah diotak dan merusaknya (Iskandar, Junaidi, 2006).
Stroke merupakan jaringan yang sangat sensitive terhadap kekurangan suplai darah, oksigen dan glukosa (Soeparman, 2004).
Stroke Hemoragic perdarahan kedalaman jaringan otak atau kedalam ruang subaraknoid, yaitu : ruang sempit antara permukaan otak dan lapisan jaringan yang menutupi  otak (Valery Feign, 2002).



2.1.2        Etiologi
Faktor-faktor yang dapat menyebabkan Stroke Hemoragic yaitu :
1.      Darah tinggi yang dapat menyebabkan pembuluh darah pecah.
2.      Terjadinya pelebaran pada pembuluh darah yang menyababkan pembuluh darah pecah.
3.      Akroma, yaitu pembuluh darah menjadi keras dan akan pecah jika terkena darah naik.
4.      Terjadinya tumor pada pembuluh darah.
Perbedaan Stroke Perdarahan dan Iskemik
Gejala
Stroke Perdarahan
Stroke Iskemik
Saat kejadian/onset
Sedang aktif
Saat istirahat
Peringatan TIA
Tidak ada
Ada
Nyeri kepala
Hebat
Ringan/sangat ringan
Kejang
Ada
Tidak ada
Muntah
Ada
Tidak ada
Penurunan Kesadaran
Sangat nyata
Ringan/sangat ringan
Tanda


Nadi brakikardia lambat
++ (Sejak awal)
+ (Hari Ke-4)
Edema pupil mata
+ (Sering)
-
Kaku kuduk
+
-
Kernia, bredzinski
++
-
(Brunner and Suddarth, 2001)

2.1.3        Anatomi & Fisiologi
Otak merupakan organ vital, otak bertanggung jawab atau fungsi mental dan intelektual kita. Seperti berpikir dan mengingat otak mengendalikan interaksi kita dengan dunia luar. Otak terdiri dari sel-sel otak yang disebut neuron  sel-sel penunjang yang dikenal sebagai sel gua, cairan serebrospinal dan pembuluh darah arteri adalah pembuluh yang mengangkut darah yang kaya akan O2 dan nutrien misalnya glukosa ke otak, vena adalah pembuluh yang membawa darah yang telah digunakan dan zat sisa menjauhi otak (Valery Feign, 2002).
HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA :sorsir.123@gmail.com

       LENGKAP DENGAN COVER ,DAFTAR PUSTAKA DAN LEMBAR PENGESAHAN
                      FAST REPON

                      ATAU KLIK DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ASKEP DENGAN GANGGUAN SISTEM NEUROLOGI : STROKE HEMORRAGIC "

Post a Comment