Makalah Frustasi


                           KATA PENGANTAR


Bismillahirrahmanirrahim,
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah ini dapat kami selesaikan tepat pada waktunya. Shalawat dan salam kita hadiahkan untuk Baginda Rasulullah SAW, keluarga, sahabat dan kita semua sebagai umat yang taat dan turut terhadap ajaran yang dibawanya.
Makalah yang berjudul “Frustasi dan Stress” disusun untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Kesehatan Mental. Dalam makalah ini, akan diuraikan tentang pengertian frustasi, sumber-sumber frustasi, reaksi-reaksi frustasi, akibat frustasi, pengertin stress,  gejala stress, faktor-faktor penyebab (pemicu) stress (stressor), dan pengelolaan stress. .
Kami menyadari berbagai kelemahan, kekurangan, dan keterbatasan yang ada, sehingga tetap terbuka kemungkinan terjadinya kekeliruan dan kekurangan dalam penulisan dan penyajian materi makalah ini. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari Bapak  Dr. Zainun, MA selaku dosen pengampu kami, agar kami dapat memperbaiki dan menyempurnakan penyajian makalah kami dalam tugas selanjutnya.
Akhirnya, kepada Allah jualah kami menyerahkan diri serta memohon taufik dan hidayah-Nya, semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua, Amin.


Medan, 16 November 2019

Pemakalah




DAFTAR ISI




Kata Pengantar.........................................................................................i
Daftar Isi...................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah................................................................3
  2. Rumusan Masalah..........................................................................3
  3. Tujuan............................................................................................4
BAB II PEMBAHASAN
  1. Pengertian Frustasi….....................................................................5
  2. Sumber-sumber Frustasi……………............................................6
  3. Reaksi-reaksi Frustasi……... ........................................................8
  4. Akibat Frustasi..............................................................................11
  5. Pengertian Stress ……………………………………..................12
  6. Gejala Stress……………………………………………………..14
  7. Faktor-faktor Penyebab atau Pemicu Stress (Stressor)…………..14
  8. Pengelolaan Stress………………………………………………..15
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan.....................................................................................18
B.     Saran...............................................................................................18
DAFTAR ISI.............................................................................................19



        BAB I
PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Frustasi dapat berasal dari dalam (internal) atau dari luar diri (eksternal) seseorang yang mengalaminya. Frustasi dapat diartikan sebagai perasaan kecewa akibat sesuatu yang tidak dapat tercapai. Rasa frustasi juga bisa menjurus ke stress.
Dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengatahuan dan teknologi sehingga membuat zaman semakin mengalami banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Perubahan-perubahan itu membawa akibat yaitu tuntutan yang lebih tinggi terhadap setiap individu untuk lebih meningkatkan kinerjanya. Agar eksistensinya tetap terjaga, maka setiap individu akan mengalami stress dan frustasi terutama bagi individu yang kurang dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut.
Pengelolaan stress dan frustasi dalam keadaan hidup yang terus menerus dan berhari-hari, mungkin atau bahkan sering mendapati suasana yang membosankan dan menjemukan bagi tiap orang yang sedang mengalaminya. Maka dari itu tiap-tiap individu yang sedang mengalami hal tersebut harus mengetahui bagaimana cara pengelolaan stress dan frustasi agar diri dan kehidupannya dapat berjalan baik, nyaman, dan tenang sebagaimana sebelumnya.
B.     RUMUSAN MASALAH
  1. Apakah pengertian dari frustasi?
  2. Apa sajakah yang menjadi sumber-sumber frustasi?
  3. Apa sajakah akibat dari frustasi?
  4. Apa sajakah reaksi-reaksi dari frustasi?
  5. Apakah pengertian dari stress?
  6. Apa sajakah yang menjadi gejala-gejala stress?
  7. Apa sajakah faktor penyebab atau pemicu datangnya stress?
  8. Bagaimakah pengelolaan stress?

C.    TUJUAN
  1. Untuk mengetahui pengertian dari frustasi
  2. Untuk mengetahui apa saja yang menjadi sumber-sumber frustasi
  3. Untuk mengetahui apa saja akibat dari frustasi
  4. Untuk mengetahui reaksi-reaksi dari frustasi
  5. Untuk mengetahui pengertian dari stress
  6. Untuk mengetahui apa saja yang menjadi gejala-gejala stress
  7. Untuk mengetahui apa saja faktor penyebab ataau pemicu datangnya stress
  8. Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan stress
  


              BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Frustasi
Singgih Gunarsa  menyatakan bahwa frustasi adalah keadaan kejiwaan tertentu yang timbul pada diri seseorang manakala ia berada dalam situasi dimana kebutuhan tidak terpenuhi atau kehendak tidak terpuaskan atau tujuan tidak tercapai. Dengan kata lain frustasi terjadi bila lingkaran motifasi tidak terpenuhi (terhambat).
Tristiadi menyatakan bahwa Frustasi merupakan kekecewaan yang disebabkan oleh gagalnya pencapaian suatu tujuan a blocking or thwartin of goal-directed activity atau juga suatu keadaan ketegangan yang tak menyenangkan, dipenuhi perasaan dan aktivitas simpatetis yang yang semakin meninggi yang disebabkan oleh rintangan dan hambatan.
Frustasi menurut JP. Chaplin adalah rintangan atau penggagalan tingkah laku untuk mencapai sasaran; satu keadaan ketegangan yang tak menyenangkan, dipenuhi kecemasan, dan aktivitas simpatetis yang semakin meninggi disebabkan oleh perintangan dan hambatan. Orang seringkali mengalami hambatan dalam pemuasan suatu kebutuhan, motof dan keinginan. Keadaan terhambat dalam mencapai suatu tujuan dinamakan frustasi.
Charles N. Cofer menyatakan pengertian Frustasi yaitu, this word is used here to mean that achievement of a disired goal is thwarted. (kata ini digunakan disini untuk mengartikan bahwa pencapaian tujuan yang diinginkan dihalangi). Ini berarti bahwa individu mempunyai suatu tujuan dan yang bersangkutan berusaha mencapainya. Dengan adanya berbagai sebab, tujuan tersebut gagal untuk dicapainya.
J. Dollard, et-al menyatakan : frustration/kekecewaan, yakni suatu keadaan terhalangnya pemenuhan suatu motif. Frustration nomally refer to environmental blocking of motive, but sometimes to an understate emotional resulting from the blocking. (kekecewaan pada umumnya berhubungan dengan terhalanginya motif/penggerak yang bersifat lingkungan, tetapi kadang-kadang pada ketidaknyamanan kondisi emosional akibat dari halangan). Pada dasarnya kekecewaan berasal dari hambatan penemuan motif, baik hambatan dari lingkungan maupun hambatan dari kondisi/keadaan emosi/perasaan individu.
Kesimpulan, frustasi ialah keadaan dimana satu kebutuhan tidak bisa dipenuhi, tujuan tidak bisa tercapai. Frustasi ini juga bisa menimbulkan dua kelompok diantaranya bisa menimbulkan situasi yang menguntungkan (positive) dan sebaliknya juga mengakibatkan timbulnya situasi yang destruktif merusak (negative). Frustasi dengan demikian bisa memunculkan reaksi frustasi yang sifatnya bisa positive, bisa negative.
Dalam buku Psikologi Klinis karangan Tristiadi Ardi dkk. Seorang psikolog biasanya menggunakan istilah frustasi untuk:
  1. Mengetahui keadaan yang timbul apabila terdapat halangan dalam usaha untuk memenuhi keinginan, kebutuhan tujuan, harapan atau tindakan tertentu.
  2. Menyebut tindakan atau halangan itu sendiri
Kebutuhan, keinginan, tujuan, harapan, dan tindakan tiap orang berbeda-beda. Hal-hal tertentu mungkin membuat orang frustasi sedangkan bagi orang lain tidak demikian. Salah satu sebabnya yang membuat orang frustasi adalah rintangan fisik, pribadi dan social.


HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA : sorsir.123@gmail.com
 FAST  RESPON 
               
ATAU  KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )
DOWNLOAD  DISINI VIA GOOGLE DRIVE
DOWNLOAD  DISINI VIA MEDIAFIRE

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Frustasi"

Post a Comment