Perancangan Aplikasi Pengamanan Data Dengan Menggunakan Metode ADFGVX Dan Nihilist Chipers








BAB I
PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang

Seiring meningkatnya perkembangan dunia teknologi,  pengaman yang canggih terhadap suatu data semakin dibutuhkan. Masalah keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi. Oleh karena itu, pengguna teknologi semakin beramai-ramai mengembangkan suatu sistem pengamanan terhadap data yang biasa disebut kriptografi. Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga. Menurut Bruce Scheiner dalam bukunya "Applied Cryptography", kriptografi adalah ilmu pengetahuan dan seni menjaga message-message agar tetap aman ( secure).
Cara kriptografi telah dikembangkan untuk menangani masalah keamanan ini, salah satu teknik untuk pengamanan data dari suatu sistem informasi adalah dengan mengunakan algoritma penyandian. Dengan menggunakan cara ini data asli (plaintext) dapat diubah ke dalam bentuk sandi (ciphertext) dengan menggunakan kunci tertentu. Untuk itu, kerahasiaan kunci merupakan hal yang sangat diperlukan untuk keberhasilan proses penyandian data. 
Salah satu metode kriptografi yang dikenal adalah algoritma kriptografi klasik dimana metode ini sudah dikenal sejak lama. Algoritma kriptografi klasik merupakan metode kriptografi yang berbasis karekter, bukan bit seperti pada algoritma modern. Salah satu kriptografi klasik yang lazim dikenal adalah substitusi abjad majemuk ciphers  (Polyalpabetic substitution ciphers). Ciphers jenis ini menggunakan kunci yang berbeda untuk mengenkripsi tiap huruf. Contoh ciphers jenis ini adalah nihilist ciphers dan ADFGVX ciphers. Pada kriptografi secara umum dan termasuk dua algoritma kriptografi klasik nihilist dan ADFGVX, pesan yang akan dirahasiakan disebut plaintext. Pesan yang sudah diacak disebut ciphertext.  Proses untuk mengkonversi plaintext menjadi ciphertext disebut enkripsi. Proses untuk mengembalikan plaintext dari ciphertext disebut dekripsi. Algoritma kriptografi (ciphers) adalah fungsi-fungsi matematika yang digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi.
Dalam kriptografi diperlukan kunci yaitu kode untuk melakukan enkripsi dan dekripsi.   Nihilist ciphers ditemukan sekitar abad ke-19 tepanya tahun 1880an dan digunakan di Rusia oleh Russian Nihilist untuk mengorganisir teroris-teroris dalam melawan rezim czarist. Beberapa tahun kemudian algoritma ini mengalami perkembangan dan digunakan sebagai alat komunikasi mata-mata Soviet.  ADFGVX ciphers merupakansalah satu dari sejumlah algoritma yang paling terkenal dalam seluruh sejarah kriptografi. Algoritma ADFGVX ciphers yang digunakan oleh pihak tentara Jerman ketika Perang Dunia I berlangsung ini adalah algoritma yang diciptakan dengan mengambil sebuah ide yang muncul pada masa lampau yaitu menghubungkan huruf-huruf alphabet dengan posisi-posisi yang terdapat di dalam sebuah jaringan atau tabel. 
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis mencoba membuat judul skripsi dengan judul “Perancangan Aplikasi Pengamanan Data Dengan Menggunakan Metode ADFGVX Dan Nihilist Chipers

1.2.   Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah
1.             Bagaimana mengamankan data dengan menggunakan algoritma Nihilist dan ADFGVX dalam mengenkripsi dan mendekripsi file text?
2.             Bagaimana merancang aplikasi pengamanan data dengan menggunakan algoritma Nihilist dan ADFGVX?

1.3.   Batasan Masalah

Dalam penelitian ini penulis membuat batasan masalah yaitu:
1.             Algoritma yang digunakan adalah Nihilist dan ADFGVX.
2.             Filetext yang digunakan untuk enkripsi dan dekripsi adalah dalam bentuk *.doc dan *.txt.
3.             Bahasa pemrograman menggunakanVisual Basic.Net 2008.
4.             String berupa 25 huruf pada Nihilist dan kombinasi 26 huruf dan 10 angka untuk ADFGVX.

1.4.   Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.4.1 Tujuan Penelitian

  Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1.             Menerapkan algoritma Nihilist dan algoritma ADFGVX dalam                mengenkripsi dan mendekripsi file doc dan txt.
2.             Merancang sebuah aplikasi yang dapat melakukan pengamanan data pada file txt dan doc dengan menggunakan algoritma Nihilist Cipher dan ADFGVX.

1.4.2 Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengelola sistem informasi serta pihak-pihak yang membutuhkan untuk keamanan data. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.             Dapat mengimplementasikan algoritma Nihilist dan algoritma ADFGVX dalam mengenkripsi dan mendekripsi file doc dan txt.
2.             Dapat menghasilkan suatu aplikasi yang mampu mengamankan data dengan menggunakan algoritma Nihilist dan ADFGVX.

1.5         Metode Penelitian

          Dalam pelaksanaan penelitian penulis perlu menggunakan metode penelitian agar dapat menyelesaikan penelitian dengan baik, adapun aktivitas yang dilakukan oleh penulis dalam menyelesaikan penelitian ini agar selesai adalah sebagai berikut:

1.             Studi Literatur
Dengan cara mengumpulkan data dan informasi dari buku–buku referensi,    literatur dan bahan tertulis lainnya serta pengumpulan informasi dari situs internet.
2.             Analisa
  Meliputi analisa pemecahan masalah yang didapat berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan. Analisa kebutuhan Perangkat Lunak guna mengimplementasikan penerapan algoritma Nihilist dan ADFGVX.
3.             Perancangan
Pada tahapan ini dilakukan perancangan aplikasi untuk mengubah database    berupa text menggunakan algoritma Nihilist dan ADFGVX.
4.        Implementasi
Memecahan masalah yang telah dikonseptualisasikan ke dalam modul-modul sesuai dengan garis besar masalah dengan menentukan input, proses dan output sistem, kemudian diubah ke dalam bahasa pemrograman yang mudah dimengerti komputer.
5.        Pengujian
Pengujian dilakukan dengan mencoba aplikasi keamanan data yang telah dibuat. Apabila terjadi kesalahan atau kekurangan dalam aplikasi tersebut, maka akan dilakukan pemograman ulang serta untuk mendapatkan kesimpulan dan saran.
6.             Peyusunan Laporan
Pembuatan laporan bertujuan untuk dijadikan sebagai dokumentasi hasil penelitian.

1.6.       Sistematika Penulisan

          Sistematika dari penulisan skripsi  ini dibagi menjadi 5 (lima) bagian dari tiap-tiap sub bab. Dari masing-masing sub bab ini berisikan poin-poin yang akan dibahas di dalam skripsi  ini adalah sebagai berikut:
BAB    I       :    PENDAHULUAN
Bab I menerangkan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II         :    LANDASAN TEORI
Bab II menguraikan mengenai teori algoritma Nihilist dan ADFGVX serta sekilas tentang software yang digunakan.
BAB III          ANALISA DAN PERANCANGAN
Bab III penulis membahas mengenai analisa dan perancangan berdasarkan judul serta dasar teori yang telah dibuat
BAB IV        :    ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Bab IV penulis membahas mengenai algoritma yang digunakan dalam penulisan skripsi ini serta menjelaskan tentang cara kerja dari aplikasi yang dihasilkan
.BAB V        :    KESIMPULAN DAN SARAN
Bab terakhir ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari skripsi yang telah dibuat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perancangan Aplikasi Pengamanan Data Dengan Menggunakan Metode ADFGVX Dan Nihilist Chipers"

Post a Comment