Makalah Makhrijul huruf


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Tidak dapat dipungkiri, bahwa agama islam memiliki misi dakwah yang sangat tinggi, yaitu dengan tercapainya rahmatan li ‘alamiin. Islam merupakan agama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad untuk disampaikan kepada  umatnya, dan supaya dipahami serta dijalankan dengan Kaffah. Ajaran islam memberi petunjuk kepada orang-orang yang takwa, memberi petunjuk kepada seluruh umatnya, danmemberi rahmat untuk seluruh alam semesta.
Bila disikapi secara seksama, ketiga misi ini arahnya ditujukan kepada umat Islam, lantas sekupnya diperluas kepada seluruh umat manusia, umat Islam maupun di luar Islam, dan pada arah misi yang ketiga cakupannya menjadi sangat luas yaitu mencakup seluruh alam semesta. Demikian juga, tujuan dari misi Islam mencakup tiga level, yaitu membangun peradapan pada level orang-orang bertaqwa, selanjutnya membangun peradaban untuk seluruh lapisan umat manusia.
Praktikum ibadah pada dasarnya bertujuan untuk melatih mahasiswa agar mampu memahami dan mempraktekkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari baik untuk dirinya sendiri maupun lingkungannya. Praktikum ini juga diharapkan mampu membangun budaya baru dikalangan mahasiswa yang tidak hanya mampu mengetahui dan memahami ajaran Islam, tetapi juga mereka merasa butuh untuk mengamalkan ajaran tersebut.

B. Rumusan Masalah
1.    Apa yang dimaksud dengan makharijul huruf?
2.    Apa tujuan mengetahui makharijul huruf?
3.    Bagaimana cara mengetahui makharijul huruf?
4.    Apa saja pembagian makharijul huruf?
C. Tujuan
1.    Untuk mengetahui definisi makharijul huruf
2.     Untuk mengetahui tujuan makharijul huruf
3.    Untuk mengetahuicara mengetahui makharijul huruf
4.    Untuk mengetahui pembagian makharijul huruf



BAB II
PEMBAHASAN


A.  Defenisi Makharijul Huruf
       Bahasan tentang Makhraj adalah inti dari ilmu tajwid.Apabila kita mencermati defenisi tajwid,maka kita akan mendapati makna tajwid adalah mengeluarkan huruf dari makhrajnya dengan memberikan haq dan mustahaqnya.[1]
       Makhraj ditinjau dari segi morfologi berasal dari fi’il madli  :خَرَجَ  yang artinya keluar. Secara bahasa makhraj artinya:
مَوْ ضِعُ الحَرُجِ
Tempat keluarnya huruf”
       Sedangkan menurut istilah makhraj adalah:
هَوَاِسْمٌ لِلْمَحَلِّ الَّذِيْ يُنْشَأُ مِنْهُ الْحَرْ فُ
Suatu nama tempat,yang padanya huruf di bentuk”
Makharijul huruf artinya tempat atau letak darimana huruf-huruf itu dikeluarkan.[2]Artinya ialah bahwa setiap huruf memiliki tempatnya masing-masing yang pada tempatnya tersebutlah huruf itu dibentuk .Dengan demikian makhraj huruf adalah tempat keluarnya huruf tersebut dibunyikan.Ketika membaca Al-Qur’an, setiap huruf harus dibunyikan sesuai makhraj hurufnya. Kesalahan dalam pemgucapan huruf atau makhraj huruf dapat menimbulkan perbedaan makna atau kesalahan arti pada bacaan yang sedang dibaca.


B.  Tujuan Mengetahui Makharijul Huruf
       Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:
.....وَرَتِّلِ الْقُرْ اٰنَ تَرْتِيْلًا.
.....dan bacalah Al-Qur’an dengan tartil (Q.S.Al-Muzammil:4)
       Maksud ayat ini adalah agar kita membaca Al-Qur’an dengan perlahan-lahan sehingga membantu pemahaman dan perenungan terhadap Al-Qur’an. Demikianlah cara Nabi Muhammad SAW dalam membaca Al-Qur’an sebagaimana di jelaskan oleh Aisyah r.a bahwa Rasullah SAW membaca Al-Qur’an dengan tartil sehingga bacaan yang seharusnya dibaca panjang memang di baca panjang.
       Surah Al-Muzammil ayat 4 secara langsung memerintahkan kaum muslimin untuk membaca Al-Qur’an dengan tartil. Itu artinya secara tidak langsung kitapun di tuntut untuk mempelajari ilmu tentang tata cara membaca Al-Qur’an dengan tartil.Ilmu yang dimaksud tidak lain ialah tajwid.[3]
       Al-Imam Abu Ja’far Ibnul Badzisy berkata:
وَأَنَا أُوْصِ الطَّا لِبَ بِحِفْظِ مَخَا رِجِ الحُرُوْفِ وَصِفَا تِهَا                                    
Aku berwasiat kepada penuntut ilmu untuk menghafal makharijul huruf dan sifat-sifatnya”
Syaikh Muhammad Makki Nashr berkata:
(اِعْلَمْ أَنَّ هَذَ الْبَا بَ مِنْ أَهَمِّ أَبْوَابِ التَّجْوِيْدِ,فَيَجِبُ أَنْ يَعْتَنِيْ بِأِ تْقَا نِهِ كُلُّ مَنْ أَرَادَ أَنْ يَقْرَأَالْقُرْ اَنَالْمَجِيْدَ)
Ketahuilah bahwa bab ini termaksud bab tajwid yang terpenting.Maka bagi setiap orang yang ingin membaca al-Qur’anul Majid wajib memperhatikannya,yakni dengan menyempurnakannya”.
       Alamuddin As-Sakhawi berkata:                                            
لِلْحَرْ فِ مِيْزَانٌ فَلَا تَكُ طَا غِيًا,فِيْهِ وَلَا تَكُ مُخْسِرَ المِيْزَانِ
“Huruf memiliki timbangan maka jangan anda melebihkan dan jangan anda memerangi timbangannya”
       Dari pernyataan para ulama di atas, dapat disimpulkan bahwa mempelajari makharijul huruf sangat penting bagi para penuntut ilmu tajwid. Disamping itu pentingnya mempelajari makharijul huruf tampak pada beberapa poin berikut:
a.       Menjaga Kitabbullah dari pengaruh lajjah (dialek) yang sangat berpengaruh pada perubahan bahasa Arab yang menjadi bahasa Al-Qur’an.
b.      Menjaga Kitabullah dari lahn dan tahrif yang menyebabkan perubahan makna dan kerusakan pada makna (fungsi) sebuah kata.
c.       Mengenal huruf-huruf mutajanis,mutaqarrib,dan mutaba’id guna mengetahui sebab ada atau tidaknya idgham.
d.      Mempelajari makharijul huruf dan sifat-sifatnya merupakan inti bahasan (tajwid)yang utama bagi setiap qari Al-Qur’an.[4]

C.    Cara Mengetahui Makharijul Huruf
     Untuk mengetahui makhraj suatu huruf,hendaklah huruf tersebut disukunkan atau di tasydidkan,kemudian tambahkan satu huruf hidup di belakangnya,lalu bacalah. Tatkala suara tertahan,maka tampaklah makhraj huruf dari huruf yang bersangkutan.[5]
     Untuk mengetahui makharijul huruf ada dua cara,yaitu dengan cara taskinul harf تَسْكِيْنُ الْحَرْ ِف dantasyididul harf تَشْدِ يْدُ الْحَرْ ف  
     Cara Pertama, taskinul harf (mentasydidkan huruf) kemudian memasukkan huruf yang berharakat sebelumnya.
Seperti: . أَثْ,أَتْ,أَبْ
Cara kedua,tasyididul harf  (Mentasydidkan huruf) kemudian memasukkan huruf yang berharakat sebelumnya.
Seperti : أَثَّ,أَتَّ,أَبَّ
     Tatkala mengucapkan huruf hijaiyah dengan dua cara tersebut,kita akan merasakan suara kita seperti tertahan pada suatu tempat disaat kita melakukan dua cara tersebut,dan di saat kita merasa tertekan pada suatu tempat itu maka disitulah letak makhrajnya.[6]
     Adapun untuk mengetahui huruf mad,masukkanlah sebelumnya huruf apa saja dengan diberi harakat yang sesuai,kemudian perhatikanlah bahwa ia akan berhenti manakalah hawa (aliran udara) berhenti dari rongga mulut,maka ini artinya ia tidak memiliki tempat seperti huruf-huruf yang lain.

HUBUNGI ADMIN UNTUK LANJUTANNYA : sorsir.123@gmail.com
 FAST  RESPON 
               
ATAU  KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN VERSI FULLNYA ( BAB I-V )
 DOWNLOAD DISINI VIA GOOGLE DRIVE
DOWNLOAD  DISINI VIA MEDIAFIRE

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Makalah Makhrijul huruf "

  1. This is how my colleague Wesley Virgin's tale starts with this shocking and controversial VIDEO.

    As a matter of fact, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he discovered hidden, "self mind control" secrets that the CIA and others used to get whatever they want.

    These are the same methods many celebrities (notably those who "come out of nothing") and elite business people used to become rich and successful.

    You've heard that you utilize only 10% of your brain.

    Mostly, that's because the majority of your brainpower is UNCONSCIOUS.

    Perhaps that conversation has even taken place INSIDE your very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years ago, while driving a non-registered, beat-up trash bucket of a vehicle with a suspended driver's license and $3.20 on his debit card.

    "I'm very frustrated with going through life check to check! When will I get my big break?"

    You've taken part in those types of thoughts, isn't it right?

    Your success story is waiting to happen. All you need is to believe in YOURSELF.

    WATCH WESLEY SPEAK NOW

    ReplyDelete