Perancangan Aplikasi Pembelajaran Desain Grafis Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI)






BAB I
PENDAHULUAN



1.1         Latar Belakang Masalah

Dalam proses belajar mengajar ada dua unsur penting dalam proses tersebut, yaitu metode pengajaran dan media pembelajarannya. Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, untuk menyampaikan isi pembelajaran dari pengajar kepada peserta didik. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didikan dengan pengajar dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang di berikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didikan agar dapat belajar dengan baik.
Perkembangan teknologi masa kini, komputer merupakan suatu peralatan yang canggih dan dapat dimanfaatkan diantaranya dalam masalah pendidikan dan pembelajaran. Dengan memanfaatkan kelebihan-kelebihan komputer, maka komputer dapat dijadikan sebagai media dan sumber belajar dalam bidang studi tertentu disamping media yang lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya media alat bantu yang digunakan untuk proses belajar mengajar.
Komputer dapat menjadi media untuk meraih sasaran-sasaran pendidikan yang telah di tetapkan oleh orang tua, pendidik, dan pemerintah. Pemanfaatan komputer sebagai sarana pembelajaran dapat memberikan pengaruh yang sangat positif karena selain baru bagi perkembangan teknologi pembelajaran juga memiliki sifat yang representatif dan interaktif. Komputer dapat menjadi sarana pembelajaran yang inovatif, dari tradisi papan tulis dan kapur. Dengan Power Point misalnya, para guru dapat menyulut minat anak-anak terhadap pelajaran lewat penyertaan foto-foto, potongan film, dan bahkan berhubungan dengan internet.
Multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai salah satu sarana penyampaian pembelajaran secara interaktif dan terintegrasi yang mencakup teks, gambar, suara, video atau animasi. Komponen interaktivitas yang menunjuk kepada proses pemberdayaan pengguna untuk mengendalikan lingkungan melalui komputer.
CAI (Computer Assisted Instructions) hakekatnya merupakan penawaran baru dalam cara pembelajaran. Komputer sebagai media akan lebih banyak membantu siswa menemukan hal-hal baru yang lebih menarik dibandingkan dengan cara-cara konvensional yang lebih berpusat pada guru. Walaupun sudah diketahui, bahwa cara-cara belajar dan mengajar, serta pemerolehan informasi pembelajaran tiap individu berbeda. Banyak teori-teori belajar yang berupaya menguraikan cara belajar tiap individu. Kebanyakan teori ini mengidentifikasikan atribut-atribut yang mirip. Uraian yang paling sederhana, ada orang yang belajar lebih baik dengan membaca, ada yang lebih baik lewat mendengarkan, ada yang dengan memperhatikan orang lain mengerjakan tugas, ada pula yang harus mengerjakan tugas itu sendiri. Semua orang mempunyai tingkat atitude yang berbeda selain kepribadian dan pengalaman hidup berbeda-beda yang mungkin memotivasi atau sebaliknya mendemotivasi cara belajar. Seorang yang secara fisik maupun psikis tidak memiliki kemampuan sebagaimana orang-orang normal, mungkin akan perlu bantuan komputer untuk mengakses bahan-bahan pembelajaran lewat cara baru dengan bantuan komputer.
Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang biasa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Desain Grafis juga merupakan salah satu bentuk komunikasi visual yang dituangkan melalui gambar yang juga bertujuan untuk menyampaikan informasi dan juga pesan sama seperti gambar tersebut. Pada desain grafis, teks dianggap sebagai gambar karena ia juga merupakan hasil abstraksi dari simbol yang dituangkan.
Durasi waktu yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran desain grafis  juga bila disesuaikan dengan silabus kurikulum yang telah disusun, maka akan dibutuhkan durasi waktu yang sangat lama dan terikat. Artinya, penyampaian pokok-pokok pembelajaran desain grafis harus disesuaikan dengan waktu yang telah diatur dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu proses pembelajaran desain grafis agar lebih mudah dimengerti, dipahami serta dapat melahirkan antusias belajar yang tinggi dari mahasiswa, maka dibutuhkan suatu aplikasi pembelajaran dengan menggunakan komputer sebagai alternatif lain yang dapat membantu pengajar ataupun pelajar. Dengan aplikasi ini, maka dapat membantu pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan di dalam silabus kurikulum.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, penulis bermaksud untuk menguraikan tahap-tahap pemberian solusi yang dituangkan dalam skripsi dengan judul “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Desain Grafis Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI)”.

1.2    Perumusan Masalah
             Berdasarkan latar belakang masalah, maka yang menjadi perumusan masalah adalah:
1.      Bagaimana menyampaikan dan menjelaskan materi mata pelajaran desain grafis yang telah diuraikan dalam silabus kurikulum mata pelajaran desain grafis melalui aplikasi pembelajaran?
2.      Bagaimana menerapkan metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) pada proses penyajian materi-materi dan latihan mata pelajaran desain grafis melalui aplikasi  pembelajaran?
3.      Bagaimaan merancang aplikasi pembelajaran desain grafis yang menerapkan metode CAI?

1.3    Batasan Masalah
Adapun yang menjadi batasan masalah dalam perancagan aplikasi pembelajaran desain grafis ini adalah sebagai berikut :
1.        Perangkat  lunak yang dibangun hanya menyajikan salah satu topik materi pembahasan yang telah disusun dalam silabus kurikulum mata pelajaran desain grafis yaitu materi desain grafis.
2.        Penenerapan klasifikasi dari metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instructions)  hanya pada proses deskripsi (penjelasan materi) dan proses drill  and practice serta pemecahan masalah soal-soal latihan.
3.        Soal-soal latihan yang disajikan kepada siswa adalah hanya latihan-latihan tentang materi-materi yang telah disertakan dalam aplikasi pembelajaran ini.

1.4    Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.4.1 Tujuan Penelitian

Penulisan skripsi ini memiliki tujuan dan manfaat, adapun tujuan penyusunan skripsi dapat di jelaskan sebagai berikut:
1.        Untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam silabus kurikulum pembelajaran desain grafis melalui sebuah aplikasi multimedia.
2.        Untuk menerapkan metode pembelajaran CAI ( Computer Assisted Instruction) pada  aplikasi multimedia pembelajaran desain grafis dengan topik pembelajaran yang disesuaikan dengan silabus kurikulum pembelajaran desain grafis.
3.        Untuk merancang sebuah aplikasi multimedia pembelajaran materi desain grafis (Computer Assisted  Instruction).

1.4.2 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penyusunan skripsi ini adalah sebagai berikut :
1.        Tercapainya standar kompetensi yang diharapkan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran desain grafis.
2.        Dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri oleh para mahasiswa  maupun peserta didik di level kelas yang berbeda.
3.        Dapat memudahkan dan menggantikan guru dalam proses pengajaran materi desain grafis.

1.5  Metode Penelitian
Metode yang akan digunakan dalam pembuatan perangkat lunak ini terdiri dari tahap-tahap berikut :
1.        Studi kepustakaan    
Melakukan studi kepustakaan terhadap berbagai referensi yang berkaitan dengan mata kuliah desain grafis CAI (Computer Assisted Instruction) serta referensi-referensi lain yang dibutuhkan dalam pembahasan penelitian yang dilakukan. 
2.        Analisa
Mempelajari proses penyampaian pembelajaran desain grafis dengan uraian silabus kurikulum mata pelajaran desain grafis melalui aplikasi multimedia dengan menerapkan metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction).
3.        Perancangan
Merancang aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia dengan menggunakan bahasa pemrograman Macromedia Flash 8.0.
4.         Implementasi
Melakukan proses pengujian dan pengecekan kesalahan (error) terhadap perangkat lunak yang telah dirancang.

1.6     Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan skripsi ini dibagi menjadi lima bab, yaitu sebagai berikut :
BAB I   :    PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, perumusan msalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan dari skripsi ini.
BAB II  :   LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan tentang konsep dasar dan teori-teori yang mendukung pembahasan dan pembuatan skripsi ini.
BAB III :   ANALISA DAN PERANCANGAN
Bab ini berisikan tentang perancangan umum maupun uraian lebih lanjut mengenai perancangan aplikasi pembelajaran desain grafis berbasis multimedia dengan metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instructions).
BAB IV :   ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Bab ini akan membahas analisa hasil dan pembahasan sistem aplikasi yang telah dirancang, tampilan interface program dan pengujian sistem aplikasi.
BAB V  :   KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi kesimpulan yang diambil dari pembahasan masalah serta saran yang dapat dipertimbangkan untuk tindak lanjut terhadap sistem yang dibuat.



Jika ingin lanjutannya silahkan coment. atau pm saya ke sor.sir123@gmail.com 









Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perancangan Aplikasi Pembelajaran Desain Grafis Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI)"

Post a Comment