APLIKASI PEMBELAJARAN TENSES MENGGUNAKAN METODE CBI (COMPUTER BASED INSTRUCTION )







BAB I
PENDAHULUAN



1.1         Latar Belakang Masalah
Dalam proses belajar mengajar ada dua unsur penting dalam proses tersebut, yaitu metode pengajaran dan media pembelajarannya. Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, untuk menyampaikan isi pembelajaran dari pengajar kepada peserta didik. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pengajar dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang di berikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
   Perkembangan teknologi masa kini, komputer merupakan suatu peralatan yang canggih dan dapat dimanfaatkan diantaranya dalam masalah pendidikan dan pembelajaran. Dengan memanfaatkan kelebihan-kelebihan komputer, maka komputer dapat dijadikan sebagai media dan sumber belajar dalam bidang studi tertentu disamping media yang lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya media alat bantu yang digunakan untuk proses belajar mengajar. CBI (Computer Based Instruction) adalah sebuah pembelajaran terprogram yang menggunakan komputer sebagai sarana utama atau alat bantu yang mengkomunikasikan materi kepada siswa. Media pembelajaran yang dikemas dalam program komputer ini bertujuan agar proses belajar mengajar dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
Tenses adalah bentuk kata kerja yang menunjukkan perubahan waktu, kapan suatu peristiwa, berita, pernyataan, tindakan, terjadi dalam suatu kalimat sekarang, lampau ataupun akan datang. Dalam tenses ada empat kelompok yang membentuk 16 bentuk waktu dalam bahasa inggris (setiawan, 2011: 5). Tenses merupakan salah satu dasar dalam mempelajari bahasa Inggris. Sebab itu untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat dimengerti dengan yang lain, maka bahasa yang digunakan harus sesuai dengan aturan- aturan yang telah ditentukan, dimana aturan tersebut harus disesuaikan dengan kuran waktu yakni tenses. Penguasaan tenses merupakan sesuatu yang tidak boleh diabaikan karena hal tersebut merupakan kunci menuju percakapan yang lebih sempurna. Tetapi dalam kenyataannya masih banyak yang mengalami kesulitan dalam penyusunan struktur kalimat maupun dalam pemahaman bahasa.
Dalam kegiatan belajar mengajar, tenses merupakan faktor penting untuk pembelajaran bahasa inggris, namun proses pembelajaran selama ini masih cenderung menggunakan metode konvensional yaitu pendidik memberikan pelajaran secara menulis dan menerangkan  kepada peserta didik, sehingga banyak peserta didik cenderung merasa bosan hanya karena menerima pembelajaran yang bersifat monoton, kurang maksimal dikarenakan suasana yang kurang kondusif, biaya dan  waktu yang terbatas.
Berdasarkan keterangan tersebut, dibuatlah aplikasi untuk memberikan pemahaman materi tenses dan contoh-contohnya kepada peserta didik dengan tampilan yang menarik, bisa memahaminya dengan sangat mudah dan dapat mendorong peserta didik menyukai pembelajaran tentang tenses.  maka dalam pembuatan aplikasi ini, penulis menuangkannya dalam skripsi dengan judul APLIKASI  PEMBELAJARAN TENSES MENGGUNAKAN METODE CBI (COMPUTER BASED INSTRUCTION )”.


1.2         Perumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas maka perumusan masalahnya adalah sebagai berikut  :
1.        Bagaimana menyajikan materi  pembelajaran tenses lebih mudah dipelajari ?
2.        Bagaimana menerapkan metode CBI (Computer Based Instruction ) untuk pembelajaran tenses ?
3.        Bagaimana merancang Aplikasi Pembelajaran tenses Menggunakan Metode Computer Basds Instruction Dengan Menggunakan Adobe Flash CS 3 ?


1.3         Batasan Masalah
Adapun yang menjadi batasan masalah adalah sebagai berikut :
1.      Pembelajaran Tenses dengan menggunakan metode CBI model tutorial, praktek (drill and practice), simulasi (simulation), permainan (games).
2.      Animasi yang dibuat hanya sebuah animasi sederhana dan mudah dipahami dengan tampilan tulisan dan suara toolsnya adalah Adobe Flash Cs3.
3.      Pembelajaran hanya membahas dasar –dasar 16 tenses.
4.      Games dibatasi hanya 5 soal dan score bersifat sementara.


1.4          Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.        Menjelaskan teknik penyajian materi pembelajaran tenses untuk memberikan kemudahan untuk pemula yang mudah dan menarik sehingga dapat meningkat gairah belajar.
2.        Menerapkan Metode CBI (Computer Based Instruction) dalam pembelajaran tenses berbasis komputer untuk mengantikan peran guru agar mempermudah pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran tenses.
3.        Merancang aplikasi pembelajaran tenses, serta mengetahui cara kerja CBI (Computer Based Instruction) dengan model tutorial, Praktek, simulasi,  permainan dengan tool Adobe flash Cs3.
Adapun yang menjadi Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.        Program aplikasi yang dibuat bisa belajar dimana saja dan kapan saja karena lebih praktis.
2.        Dapat mempermudah dalam mempelajari Tenses tidak hanya siswa tetapi bisa di terapkan di masyarakat luas nantinya.


1.5         Metode Penelitian
Untuk menyelesaikan masalah yang ada, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui :
1.        Tahap Studi Literatur
Pada tahap ini dilakukan pengumpulan data–data yang diperlukan dengan mempelajari dan menyeleksi buku, jurnal, makalah dan beberapa situs yang berhubungan dengan penulisan skripsi ini.
2.        Tahap Perancangan Aplikasi
Pada tahap ini dilakukan perancangan user interface terhadap perangkat lunak yang akan di bangun.
3.        Tahap Pengujian Program
Pada tahap ini di lakukan pengujian terhadap program aplikasi   yang akan di buat.
4.        Tahap Dokumentasi
Pada tahap ini akan disusun laporan skripsi secara lengkap dengan proses perancangan aplikasi.         


1.6         Sistematika Penulisan
Dalam penulisan Skripsi ini, penulis membaginya menjadi 5 bab yang terdiri dari :
BAB I                     : PENDAHULUAN
Pada bab ini diuraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, sistematika penulisan.
BAB II       : LANDASAN TEORITIS
Bab ini menerangkan tentang pembelajaran berbantuan Komputer yaitu Computer Based Instruction, penjelasan tentang pengertian Aplikasi dan Pembelajaran, konsep-konsep Adobe Flash Cs3, dan penjelasan mengenai dasar 16 Tenses.
BAB III      : ANALISA DAN PERANCANGAN
Pada bab mengemukakan tentang analisa perangkat lunak yang akan dirancang seperti bentuk perancangan input dan output yang digunakan dalam penelitian ini.
BAB IV      : ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Pada bab ini mengemukakan tentang implementasi perangkat lunak yang telah dirancang dan akan menampilkan output atau tampilan setiap halamannya.
BAB V        : KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini mengemukakan tentang berisi simpulan penelitian dan saran dari peneliti sebagai perbaikan di masa yang akan datang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APLIKASI PEMBELAJARAN TENSES MENGGUNAKAN METODE CBI (COMPUTER BASED INSTRUCTION )"

Post a Comment